200 Pohon Cabai Ditanam di Lahan Kosong Milik PPK Kemayoran

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon cabai di lahan milik Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Gunung Sahari Utara berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, melakukan penanaman 200 pohon cabai di lahan milik Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, RW 07, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (10/2).

Secara simbolis penanaman dilakukan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kadis KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati diikuti lurah, camat,  serta jajaran terkait.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, penanaman cabai di lahan kosong ini merupakan suatu kegiatan positif terlebih Kota Jakarta memiliki lahan yang terbatas.

"Kita harus bisa memanfaatkan lahan sekecil apapun untuk bisa ditanami. Apalagi situasi inflasi membutuhkan distribusi pangan yang cukup apabila masyarakat dapat memenuhi pangan dengan area yang terbatas agar dapat menekan laju inflasi. Jangan biarkan lahan kosong terlihat coklat, tapi kita hijaukan," katanya.

Sementara itu, Kadis KPKP Suharini Eliawati menjelaskan, pohon cabai juga dapat sebagai penyumbang inflasi sebanyak 0,02 persen. Sedangkan bayam 0,04 persen untuk bulan Januari. Jadi, akan terus dikembangkan lagi penanaman cabai dan bayam.

"Jika ada lahan lainnya yang belum dimanfaatkan pada prinsipnya kami Dinas KPKP siap dengan bibit tanaman produktif," tegasnya.