Aspem Buka Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan di RPTRA Pandawa Tanah Tinggi

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan di RPTRA Pandawa Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru. Foto: Faisal Bintang Magang

Peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi lembaga kemasyarakatan dalam membantu penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan juga pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, meningkatkan kinerja lembaga kemasyarakatan yang optimal dalam memberikan pelayanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di lingkungan.

Pada kegiatan ini diikuti oleh KPU, Bawaslu (yang akan mensosialisasikan tentang pemilu), lembaga kemasyarakatan seperti, karang taruna, PPK, PPS, Panwascam, RT-RW, LMK, FKDM, PKK, Polres, Danramil, dewan kota, dan Sekretaris se-Kecamatan Johar Baru. Juga menggandeng Jakarta Smart City (JSC) yang akan mensosialisasikan akun warga melalui aplikasi JAKI.

"Kapasitas merupakan kemampuan atau isi dari kita maka yang diundang pada hari ini ialah orang-orang terpilih dalam mensosialisasikan pemilu dan akun warga melalui aplikasi JAKI," kata Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, saat membuka Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan, di RPTRA Pandawa Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta, Pusat, Kamis (12/10).

Denny juga meminta kepada para lembaga kemasyarakatan untuk sadar akan posisi yang sudah diatur sesuai buku panduannya. "Jika kita sudah baca buku panduannya maka tinggal jalan sesuai dengan aturannya," ucap Denny.

Nanti, lanjutnya, setelah ini bapak dan ibu bisa menginformasikan kepada lingkungannya masing-masing tentang pelaksanaan pemilu dan berbagai macam tautan yang ada di aplikasi JAKI.

Denny juga mengajak masyarakat untuk melek teknologi karena bagaimanapun juga harus dapat mengikuti perkembangan zaman.

"KIta harus siap di era digital dan juga siap menghadapi tantangan ke depan. Walupun nantinya ibu kota pindah, Jakarta harus tetap berkembang dan semakin maju," harapnya.