Bentuk Toleransi Kerukunan Beragama, Petugas Gabungan Bersihkan Lingkungan Vihara Tri Ratna

Reporter: Jofa Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih Vihara Tri Ratna. Foto: Maulana

Petugas Gabungan Kecamatan Sawah Besar bersama Kelurahan Kartini melakukan bersih-bersih lingkungan Vihara Tri Ratna, di Jalan Lautze No.64, Jakarta Pusat, Rabu (18/01).

Camat Sawah Besar Prasetyo mengatakan, bersih-bersih ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Hari Raya Imlek untuk menciptakan lokasi-lokasi wihara menjadi lebih bersih, tertib, nyaman, dan asri sehingga para jemaat dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman, hikmat serta aman.

“Ini dilakukan dalam rangka menciptakan rasa kebersamaan saling kepedulian, kegotong royongan serta saling toleransi antar umat beragama yang ada di wilayah Kecamatan Sawah Besar,” kata Prasetyo.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila karena di wilayah Sawah Besar warganya sangat beragam.

“Untuk pembersihan masing-masing di wilayah kelurahan kan ada tempat-tempat wihara, baik itu yang menyelenggarakan perayaan imlek maupun yang tidak, tentunya kita berkoordinasi dengan para pengurusnya untuk bersama-sama warga sekitar serta unsur lainnya membersihkan lokasi-lokasi wihara,” ucapnya.

Sementara itu, Penjaga Vihara Tri Ratna Afon merasa bersyukur karena pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat di wilayah Kecamatan Sawah Besar telah mambantu membersihkan wihara jelang imlek.

“Terima kasih pada Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dan jajaran wilayah Kecamatan Sawah Besar serta Kelurahan Kartini atas partisipasinya dalam membersihkan lingkungan wihara," katanya.

Afon menuturkan, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka jemaat yang ingin beribadah dibatasi. “Kita mempersilahkan untuk para umat sembahyang, cuman tetap menjalankan protokol kesehatan," tandasnya.