Cempaka Putih Barat Diverifikasi Kementerian LH untuk Program Kampung Iklim

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang menerima kunjungan Kementerian LHK. Foto: Malik Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menerima kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka verifikasi lapangan Proklim (Program Kampung Iklim) Tingkat Nasional Tahun 2023, di kantor Sekretariat RW 07, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Rabu (12/7).

“Hari ini kita menerima tim verifikasi dari Kementerian LH yang mana kita di RW 07 Cempaka Putih Barat ini merupakan salah satu RW yang diverifikasi lapangan yang masuk Tingkat Nasional. Jadi di Jakarta Pusat ada dua, RW 07 Kelurahan Cempaka Putih Barat serta RW 06 Kelurahan Kebon Melati” jelasnya.

Menurut Bakwan Ferizan Ginting, RW 07 Cempaka Putih Barat sudah sangat siap 100 persen menuju tingkat nasional dalam bersinergi bersama membentuk lingkungan yang asri dan indah. 

"Bicara tentang lingkungan yang sehat dan bersih sudah merupakan keseharian masyarakat di sini

Diprakarsai oleh pak RW/RT dan seluruh jajaran, Jumantik, PKK, Karang Taruna, semua bersatu padu berkolaborasi, bersinergi untuk secara sadar membentuk lingkungannya,” tambahnya.

Sementara itu, Verifikator Kementerian Lingkungan dan Kehutanan Direktorat Jendral Pengendalian Perubahan Iklim Yadi Suryadi menjelaskan, kehadirannya bersama Tim di sini untuk memverifikasi tiga komponen yaitu, pengendalian perubahan iklim, adaptasi perubahan iklim, dan mitigasi perubahan iklim serta kelembagaannya. 

"Dari ketiga komponen itu kita cek dalam kerangka program kampung iklim yang dikelola oleh KLHK," ucapnya. 

Yadi juga mengapresiasi warga khususnya RW 07 atas pencapaian saat ini sampai tahap verifikasi karena ini adalah upaya dari warga ya berbasis komunitas dalam rangka pengendalian perubahan iklim. Tentunya ini akan menjadi nilai, terutama dalam pencapaian target 20 ribu kampung iklim diakhir tahun 2024 ini,” tutupnya.