Ciptakan Kesan Indah saat KTT ASEAN, Wawali Jakpus Pimpin Bersih-bersih Trotoar GBK

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih trotoar kawasan GBK. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 tinggal menghitung hari, banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut tamu negara yang akan berkunjung ke DKI Jakarta khususnya Jakarta Pusat.

Di antara banyak persiapan tersebut, salah satunya yaitu pembersihan trotoar serta fasilitas umum lainnya yang menjadi fokus perhatian dari jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat.

Dimulai dengan apel, Wakil Wali Kota (Wawali) Jakarta Pusat Chaidir memimpin kegiatan bersih-bersih ini yang untuk wilayah Kecamatan Tanah Abang menitikberatkan di sekitar kawasan Kelurahan Gelora yaitu lingkungan luar Gelora Bung Karno (GBK).

Chaidir mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan kedatangan tamu negara dalam gelaran KTT ASEAN.

“Bersih-bersih ini sebetulnya menjadi hal yang rutin dilaksanakan oleh para pasukan pelangi namun, untuk kali ini sinergitas-nya lebih tinggi di antara jajaran terkait. Tujuannya adalah agar tamu-tamu yang hadir pada tanggal 5-6 September mendatang dapat melihat keindahan kota Jakarta Pusat,” katanya didampingi Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany dan Camat Tanah Abang Dicky Suherlan.

Lanjut Chaidir, bersih-bersih malam ini serentak dilakukan di Jakarta Pusat, terutama lokasi-lokasi yang dijadikan kegiatan seremonial dari agenda KTT ASEAN ke-43 ini.

“Artinya kota ini adalah milik kita semua, ada baiknya warga juga ikut merawat fasilitas umum yang sudah ada ini dengan menjaga kebersihan serta keindahannya. Saya berharap kenyamanan serta ketertiban yang ada di Jakarta Pusat ini tetap terjaga dan lestari sehingga, tamu-tamu yang berkunjung memiliki rasa kangen kepada Jakarta Pusat,” ucapnya.

Untuk diketahui, personel yang dilibatkan untuk kegiatan ini kurang lebih sebanyak 300 orang yang berasal dari pasukan pelangi, dan kendaraan dinas yang dikerahkan di antaranya ada dari Sudin Gulkarmat, sweeper dari Sudin LH, mobil jetting dari Bina Marga serta mobil toren dari pertamanan.