Jadi Juri Seleksi Kedua Abnon Jakpus, Wawali Pastikan Kandidat Terbaik

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali menjadi juri seleksi keuda Abnon Jakarta Pusat. Foto: Maulana

Sebanyak 60 Calon Finalis Abang None (Abnon) Tahun 2023 yang lulus seleksi pada tahap pertama, berlanjut mengikuti tes seleksi tahap kedua, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Minggu (28/5).

Pada tahap kedua ini, para calon abnon mengikuti tes wawancara dengan para juri yang menggali dan menguji kemampuan serta pengetahuan para peserta.

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Chaidir yang ikut terjun langsung menjadi juri dan memberikan beberapa pertanyaan ke Calon Abnon Jakarta Pusat.

Chaidir mengatakan, tujuan dirinya ikut menseleksi langsung untuk mengenal pemuda-pemudi yang ada di Jakarta.

“Seleksi ini untuk mencari pemuda pemudi yang peduli dan ingin melestarikan budaya serta meningkatkan industri pariwisata yang ada di Jakarta khususnya Jakarta Pusat,” ujar Chaidir. 

Menurutnya, seleksi hari ini selain tentang budaya Jakarta, wawasan pengetahuan pemerintahan daerah, serta etika dan public speaking, juga wawasan terhadap tantangan global perkembangan kota.

"Hampir semua peserta bagus dan rata-rata memiliki wawasan yang bagus, tinggal juri yang akan menentukan untuk mencari mana yang lebih bagus lagi," ucapnya. 

Baca juga:

Wali Kota Buka Pemilihan Abnon Jakarta Pusat Tahun 2023

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kasudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani menjelaskan, pendaftar tahun ini cukup beragam dan menjadi kejutan bahwa ada calon abnon dari instansi pemerintahan yang juga ikut mendaftar. 

“Tahun ini pendaftarnya beragam dan ada peminat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ikut mendaftar, ada dari kementerian keuangan, Jaksa, BPK, dan Kementerian Kebudayaan. Ini menjadikan bukti bahwa pemilihan abnon memang serius dan bukan cuma main-main,” kata Wiwik.

Lanjut Wiwik, nantinya mereka yang main-main akan bisa terlihat langsung oleh dewan juri khususnya dewan juri bagian psikologi.

“Saya berharap peran serta abnon nantinya dapat membantu pemerintah dengan menjadi duta di masyarakat serta aktif menciptakan peluang yang bisa dikembangkan oleh generasi muda,” harap wiwik. 

Untuk diketahui, Final Abnon Tahun 2023 Jakarta Pusat akan diadakan di Gedung Kesenian Jakarta, dengan mengambil tema retrofuturism yang memadukan elemen-elemen gaya retro dengan elemen futuristik, mengambil konsep masa lalu dan mencampurnya dengan imajinasi tentang masa depan. Sehingga, menghasilkan gaya yang unik dan menarik.