Wali Kota Buka Pemilihan Abnon Jakarta Pusat Tahun 2023

Reporter: Shabrina Saraswati | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memukul gong tanda dimulainya pemilihan Abnon Jakpus. Foto: Annisa

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka acara seleksi pemilihan Abang None (Abnon) Tahun 2023, di Auditorium Soekarman, Perpustakaan Nasional RI, Jalan Merdeka Selatan No. 11 Gambir, Sabtu (27/5).

Pembukaan acara seleksi pemilihan Abang None Jakarta Pusat tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Dhany Sukma.

Pemilihan abang none tahun ini mengangkat tema "Pusat Retrofuturism" yaitu, gaya desain yang memadukan elemen-elemen dari gaya retro dengan elemen-elemen futuristik.

Dhany dalam sambutannya mengatakan, Jakarta Pusat sebagai pusat kota sejarah dan budaya mempunyai potensi yang bisa dikembangkan dalam bidang pariwisata oleh abang none.

“Peran abang none menjadi sangat signifikan bagaimana menguatkan peran Jakarta Pusat untuk menunjang provinsi DKI Jakarta sebagai kota sejarah, kota budaya, dan tentunya kota yang memiliki fasilitas lengkap. Dengan peran Abang None ini akan mampu memasarkan, karena berbicara pariwisata akan berbicara perencanaan, manajemen serta pemasaran," katanya.

Dhany juga mengungkapkan, keberhasilan Abang None Jakarta Pusat Tahun 2022 untuk bisa menjadi juara umum di Tingkat Provinsi DKI Jakarta tidak lepas dari peran dewan juri yang luar biasa.

“Kejelian, kecermatan, dan pengalaman dari dewan juri yang sudah tidak diragukan lagi, ternyata hasilnya memang tepat sekali. Para dewan juri bisa melihat bakat dan potensi peserta yang mana bisa berkiprah di Tingkat Provinsi DKI Jakarta dan hasilnya sudah terbukti,” katanya.

Dhany berharap, Abang None Jakarta Pusat Tahun 2023 akan melanjutkan keberhasilan Abang None Jakarta Pusat Tahun 2022 yang dapat berkiprah di Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan kegiatan pada hari ini menghasilkan abang none yang tidak hanya berkiprah di Jakarta Pusat tetapi juga untuk Provinsi DKI Jakarta. Tampilkan yang terbaik, jadikan momentum yang bagus bagi kita semua untuk mengembangkan kapasitas diri kita yang sesungguhnya," imbaunya.

Di tempat yang sama, Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani menambahkan, pendaftaran Abang None Jakarta Pusat Tahun 2023 ini berjumlah 200 peserta.

"Peserta yang mendaftar secara online pada tahun ini ada 200 orang, terdiri dari 70 abang dan 130 none.”

Wiwik juga berharap agar peserta yang hadir hari ini dapat berkomitmen, dan bersungguh-sungguh menjadi duta pariwisata.

"Kita juga melihat agar mereka yang datang ke sini benar-benar serius ingin menjadi duta pariwisata, duta pembangunan di Jakarta Pusat, dan mempunyai bakat untuk itu," ucapnya

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2023 sudah dilaksanakan dari bulan April lalu sampai menuju final di bulan Juli 2023.

Pelaksanaan Final Abang None Jakarta Pusat Tahun 2023 rencananya akan berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta yang akan dilaksanakan pada 12 Juli  mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asekbang Bakwan Ferizan Ginting beserta jajaran, dan dewan juri untuk seleksi pada hari ini yaitu, Roy Darmawan, Mira D. Amir, Lula Kamal, Yusron Sjarief, Orchida R, dan Poppy Savitri.