Jajaran Kecamatan Gambir Panen Tiga Jenis Sayur Hidroponik

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Panen sayur hidroponik di Kantor Sekretaris RW 01 RT 10, Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Jajaran Kecamatan Gambir melakukan panen sayur hidroponik berjenis bayam, pakcoy, dan kangkung, di Kantor Sekretariat RW 01 RT 10, Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).

Wakil Camat Gambir Agus Triono mengatakan, panen ini merupakan hasil dari kreativitas warga masyarakat. "Panen sayur ini nantinya akan dijual ke warga masyarakat. Per kilonya dihargai 10 ribu," katanya.

Di sini, lanjutnya, masuk dalam program penataan wilayah dari Kelurahan Cideng dengan memajukan ketahanan pangan. "Diharapkan kedepannya, lokasi ini menjadi tempat ketahanan pangan di Kelurahan Cideng," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Ilham menambahkan, rak hidroponik yang ada di sini didistribusikan langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat pada akhir tahun kemarin dan ini merupakan panen perdana.

"Rak hidroponik ini merupakan pengadaan dari Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat, ada 40 rak yang kita distribusikan di seluruh wilayah, salah satunya di Kelurahan Cideng ini. Dan ini merupakan panen perdana," jelasnya.

Ilham mengimbau agar penanaman sayur hidroponik ini berlanjut terus, untuk dapat menambah perekonomian warga di sini. "Tujuan adanya penanaman sayur untuk menambah perekonomian warga. Di samping itu sejalan dengan programnya wilayah yaitu kawasan unggulan. Nanti setelah panen akan dilakukan penanaman bibit sayur kembali," terangnya.

Untuk diketahui, tanaman kangkung hingga bisa panen berumur 18-21 hari, pakcoy 30-35 hari, dan bayam 21-25 hari.

Hasil panen bayam 1 setengah kilo, pakcoy 5 setengah kilo, dan kangkung 7 kilo. Total 14 kilo berhasil dipanen.

Panen ini juga dihadiri, Lurah Cideng Agus Aripianto, Ketua RT-RW, kader PKK, dan jajaran Kelurahan Cideng.