Jakarta Pusat Raih Adipura 2022 Kategori Kota Metropolitan

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima penghargaan Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Sitti Nurbaya. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebagai hasil dari komitmen terhadap pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup perkotaan, Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali berhasil meraih penghargaan anugerah Adipura Tahun 2022 kategori Kota Metropolitan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima langsung piala Adipura tersebut, yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Sitti Nurbaya, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (28/02).

Pada kesempatan tersebut, Dhany Sukma menyampaikan bahwa penganugerahan Adipura ini merupakan hasil kerja seluruh stakeholder yang ada di Jakarta pusat, baik jajaran Pemerintah (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat dan masyarakatnya.

"Kerja yang melibatkan seluruh komponen masyarakatnya, dunia usahanya, dan pemerintahnya serta seluruh pemangku kepentingan untuk menjadikan Jakarta Pusat itu layak mendapat penghargaan Adipura," kata Dhany didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting.

Penilaian yang diperoleh, menurut Dhany, adalah hasil akumulasi dari badan pertimbangan Adipura yang memang menempatkan Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam posisi yang layak mendapatkan penghargaan. 

"Jadi karena ini dinilai secara akurat secara adil, kemudian juga sesuai dengan kondisi empirik yang ada," terangnya.

Hal terpenting, lanjut Dhany, bagaimana mensyukuri hasil kerja keras yang sudah dilakukan. Kemudian sebagai salah satu bentuk terima kasih kepada masyarakat, Dhany menyebut akan membawa piala Adipura ini ke tengah masyarakat agar bisa ikut merayakan hasil kerja selama ini.

"Insya Allah nanti juga piala Adipura ini akan kita gilir di tiap sekolah. Jadi, sekolah juga merasa ada kontribusi positif sehingga bisa meraih piala Adipura. Di samping nanti ada titik-titik yang menjadi penilaian dan karena ini merupakan kerja bareng-bareng," jelas Dhany.

Untuk diketahui, Penghargaan Adipura 2022 diberikan kepada 258 kabupaten/kota se-Indonesia, atau 50,2 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Adapun hasilnya adalah; 

1. Kategori Adipura Kencana untuk 5 kabupaten/kota.

2. Kategori Adipura untuk 80 kabupaten/kota.

3. Sertifikat Adipura untuk 61 kabupaten/kota sebagai upaya pengelolaan samah dari sumbernya dengan baik.

4. Plakat untuk 4 kabupaten/kota, lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan samah terbaik di kabupaten/kota.

Secara singkat, penghargaan Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan, lingkungan hidup, dan pengelolaan sampah.