Kelurahan Paseban dan RS St. Carolus Kolaborasi Bersih-bersih Kali Sentiong

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih Kali Sentiong. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Petugas gabungan Kelurahan Paseban berkolaborasi dengan RS St. Carolus membersihkan Kali Sentiong Salemba Bluntas, RT 01/RW 05, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (28/4).

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Suster-suster Cinta Kasih Carolus Boromeus (CB) ke-186 tahun.

Acara diawali dengan apel yang dipimpin oleh Wakil Camat Senen Raviandri, didampingi Lurah Paseban Parsiyo dan dihadiri 50 pasukan pelangi Kelurahan Paseban, Satpol PP, Sudin Perhubungan serta 50 jajaran RS St Carolus.

Perwakilan St Carolus Dr Ivanna menjelaskan, kolaborasi ini telah rutin berlangsung beberapa tahun dengan bentuk kegiatan berbeda-beda.

"Kali ini kolaborasinya dalam kegiatan Prokasih (Pro Kali Bersih) yang merupakan rangkaian acara memperingati HUT Suster-suster Cinta Kasih Carolus Boromeus (CB) ke-186 tahun," jelasnya.

Baca Juga:

Kelurahan Paseban Berkolaborasi dengan RS Carolus Bersihkan Trotoar

Menurut Ivanna, pada setiap tahun RS St Carolus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan, salah satunya dengan bersih-bersih kali.

"Kami punya visi dan misi bahwa untuk kembali melestarikan lingkungan dan bumi yang dipijak, yang termasuk pelayanan bagi para suster biara. Ada 50 orang yang dikerahkan mulai dari perawat, suster, dokter, dan bagian perkantoran," katanya.

Ivanna berharap, usaha bersih-bersih harus selalu dilakukan secara bersama-sama baik dari pemerintah, dan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Camat Senen Raviandri mengaku, kerja bakti membersihkan sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman, dan indah dipandang.

"Mudah-mudahan kolaborasi ini terus terjalin secara rutin untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman, dan indah dipandang," ucapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Paseban Parsiyo menambahkan, kolaborasi ini sudah dilakukan beberapa kali dengan pihak St Carolus.

Hari ini, lanjutnya, sasaran bersih-bersih Kali Sentiong dan saluran air. "Panjang Kali Sentiong yang dibersihkan kurang lebih 150 meter yang melintas di antara RW 05, 04, dan perbatasan RW 03. Sampah yang telah diangkut akan kita buang ketempat pembuangan sampah," jelasnya, didampingi Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Paseban Elan.

Parsiyo juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran RS St Carolus yang sudah peduli terhadap lingkungan di sekitar.

"Kerja bakti bersih-bersih Kali Sentiong ini merupakan bukti nyata yang sama-sama kita rasakan," tuturnya.