Ketua TP PKK Tinjau Dapur Jakarta Beraksi di Kelurahan Benhil

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah meninjau dapur Jakarta Beraksi. Foto: Maulana

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah meninjau dapur program Jakarta Beraksi (Bergerak Atasi Stunting) di Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kamis (6/7).

Ucu mengatakan, dapur ini merupakan tempat memasak kebutuhan makanan bergizi untuk balita yang membutuhkan perhatian khusus hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat, PKK, dan PAM Jaya.

"Kita sudah melihat menu-menu makanan yang akan diberikan kepada para anak, nilai gizinya dan variasinya sudah sesuai dengan standar yang didukung dan diawasi langsung oleh pihak puskesmas," katanya.

Ucu menuturkan, makanan bergizi ini harus betul-betul masuk kedalam tubuh anak tersebut sehingga, akan ada pemantauan dengan pemberian atau penyalurannya makanan yang bervariasi.

"Selain makanan yang bergizi dan bervariasi serta menarik untuk anak-anak, penyalurannya selain diantar ke rumah-rumah, seminggu sekali akan berkumpul di tempat yang menarik seperti, RPTRA sambil anak bermain orang tua diberikan edukasi dan juga ada reward untuk anak-anak yaitu diantar dengan naik odong-odong, sederhana tetapi menarik untuk anak-anak," tuturnya.

Ucu menambahkan, sesuai kesepakatan yang dilakukan bersama pihak kolaborator, intervensi ini akan dilakukan selama 90 hari.

"Semoga Jakarta Pusat bebas dari stunting (tengkes) atau ada penurunan yang signifikan dengan intervensi yang dilakukan ini," ucapnya.

"Menu perdana yang akan diberikan untuk anak-anak ialah sup iga, katsu, dan pepaya. Ke depan menunya akan lebih bervariasi dan menarik, anak-anak pasti menikmati makanan yang kita berikan," tandasnya.