Lewat Program Jakarta Beraksi, Wali Kota Distribusikan Makanan Bergizi Bagi Balita di RW 07 Benhil

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wali kota dan Ketua TP PKK mendistribusikan makanan bergizi bagi balita di Kelurahan Benhil. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama para kader PKK, Jumantik, dan petugas puskesmas melalui program Jakarta Beraksi (Bergerak Atasi Stunting) mendistribusikan makanan bergizi bagi anak RW 07, di RPTRA Rusun Benhil, Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

Dhany mengatakan, pagi ini dimulai dengan menebar aktivitas kebaikan melalui program Jakarta Beraksi. Di mana Kelurahan Benhil mengandeng CSR dari PAM Jaya untuk melakukan intervensi dengan memberikan makan bergizi rutin selama tiga bulan.

“Hari ini kita mulai aktivitas pemberian makanan bergizi bagi anak di Kelurahan Benhil melalui program Jakarta Beraksi. Insya Allah akan dilakukan rutin sampai tiga bulan ke depan,” katanya didampingi Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah. 

Dhany menambahkan, untuk makanan yang diserahkan sudah melalui pengukuran kadar gizi dan atas rekomendasi pihak Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, kemudian dimasak oleh masyarakat.

“Jadi konsepnya nanti kita undang kolaborator untuk di kelurahan lainnya, jadi masing-masing kelurahan memiliki CSR untuk mengintervensi stunting atau tengkes yang ada di wilayahnya,” jelas Dhany.

Terakhir, Dhany berpesan untuk warga di Kecamatan Tanah Abang agar sama-sama menjaga wilayahnya dan peduli terhadap tetangganya.

“Yuk sama-sama kita beraksi melalui program Jakarta Beraksi dalam rangka menurunkan angka stunting, ketika kita memiliki kepedulian yang tinggi bagi warga sekitar untuk sama-sama berkolaborasi dengan pemerintah dan dunia usaha,” pesannya.

Baca Juga:

Ketua TP PKK Tinjau Dapur Jakarta Beraksi di Kelurahan Benhil

Sementara itu, Lurah Benhil Rida Mufrida menuturkan, PAM Jaya bergerak sebagai orang tua asuh pada program Jakarta Beraksi dalam memberikan makanan bergizi untuk mencegah stunting pada anak. 

“Jadi bantuan berupa uang tunai yang ditransfer kepada Bazis Baznas Jakarta Pusat, kemudian Bazis Baznas menyerahkan kepada kelompok masyarakat dalam hal ini kader PKK untuk dibeli kebutuhan makanan yang akan diberikan. Dalam sehari diberikan sebanyak dua kali yaitu pagi dan sore dengan masing-masing makanan bernilai 20ribu,” jelasnya.

Rida menambahkan, untuk pendistribusian makanan itu terbagi menjadi dua cara, yaitu makan bersama pada setiap hari Senin, dan hari lainnya makanan tersebut didistribusikan langsung ke balita yang ada di wilayah Kelurahan Benhil.

“Setiap Senin makan bersama dan dikumpulkan di tiga titik, yaitu RPTRA Guntur, RPTRA Rusun Benhil, dan Posyandu RW 07. Kita berharap usaha yang kita lakukan akan berdampak nyata, sehingga dapat mencegah stunting pada anak,” jelasnya. 

Untuk diketahui, selain mendistribusikan makanan bergizi, wali kota berserta jajaran terkait juga melakukan panen sayuran hidroponik, dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).