Paguyuban Delman Monas Sambut Baik Aturan Pemkot Jakpus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pengecekan kesehatan kuda. Foto: Maulana

Koordinator Paguyuban Delman Kawasan Monas Nanang menyambut baik peraturan dari Pemerintah Kota Pemkot (Administrasi) Jakarta Pusat terkait pengoperasian delman.

Nanang mengaku senang dengan diperbolehkannya delman tetap beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu di Jalan Medan Merdeka atau kawasan wisata Monas.

"Kami senang mendengarnya apalagi ini bicara menghidupi keluarga dan kami sangat terima kasih," katanya saat ditemui di Kawasan Monas, Minggu (8/1).

"Pelarangan delman beroperasi di Bundaran HI dan Sudirman-Thamrin kami terima karena memang itu bukan titik utama kita dan tempat wisata," imbuhnya.

Kedepannya, lanjut Nanang, pihaknya pun bersedia menjalani regulasi atau aturan yang ada seperti kebersihan atau pengecekan kesehatan kuda.

Baca Juga:

Pemkot Berdialog dengan Paguyuban Delman Kawasan Monas

Kusir Delman Monas lainnya, Wahyu merasa senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan kuda, sehingga dirinya sebagai pemilik kuda mengetahui kesehatan kudanya.

"Kalau pemeriksaan kuda ini bagus jadi tahu kuda sakit atau tidaknya, apalagi saya kurang mengerti, kalau mengurus saya sedikit paham," ujarnya.

"Karena yang tahu kuda ini sakit atau enggak kan dokter hewan yang tahu," imbuhnya.

Untuk diketahui, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat melakukan pengaturan pengoperasian delman di Jalan Medan Merdeka atau tepatnya kawasan Monas yang memperbolehkan beroperasi pada Sabtu dan Minggu. 

Serta mengatur kelayakan delman agar bisa beroperasi untuk publik mulai dari segi kesehatan kuda, hingga keamanan kereta atau gerobak untuk menjamin keamanan pengguna.