Peluncuran Saung Edukasi di Peringatan HPSN

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Plt Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Edy Mulyanto praf prasasti saung edukasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

TPS 3R Ketapang meluncurkan Saung Edukasi di peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, di Jalan KH. Zainul Arifin, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/2).

Baca Juga: 

TPS 3R Ketapang Mereduksi Sampah Melalui Rumah Edukasi

Plt Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Edy Mulyanto mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto meluncurkan Saung Edukasi tersebut.

Edy mengatakan, saung edukasi ini konsepnya sekarang Kupilah (kurangi, pilah, dan olah). "Jika dulu konsepnya Kupang (kumpul, angkut, buang). Kalau sekarang Kupilah dari sumbernya yaitu, rumah tangga," katanya.

Edy juga mengimbau para keluarga, khususnya anak muda untuk mengelola sampah. "Saya mendorong terutama anak muda untuk bisa memilah sampah mulai dari paling bawah rumah tangga," imbaunya.

Baca Juga: 

Thamrin 10 Jadi Tempat Peringatan Hari Bersih Indonesia dan Hari Peduli Sampah Nasional

Dalam saung edukasi di TPS 3R Ketapang ada berbagai cara pengelolaan sampah mulai dari sampah organik, anorganik, dan Bahan Berbahaya, dan Beracun (B3).

Kegiatan ini juga dihadiri Camat Gambir Andri Ferdian, para lurah se-Kecamatan Gambir, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kepala Satuan Pelaksana (Kasetpel) Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Gambir Mumuh Mulyana, dan jajaran terkait lainnya.