Peran Guru Penggerak Sangat Penting Dalam Membentuk Karakter Anak

Reporter: Vhatra | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Deklarasi Kompak JP. Foto: Vhatra

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, dalam sebuah birokrasi saja dihadapkan dengan berbagai pergulatan generasi. Ada generasi pra boomers, baby boomers, generasi millennial, generasi X, dan generasi Z. Masing-masing membentuk karakter tersendiri, yang di khawatirkan terjadi hambatan. Maka dari itu, perlu ada yang menjembatani dalam dunia pendidikan yaitu, guru-guru penggerak.

Demikian dikatakan wali kota saat menghadiri Deklarasi Komunitas Guru Penggerak Jakarta Pusat (Kompak JP) di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Sabtu (18/3).

"Di dunia pendidikan guru-guru penggerak sangat penting sekali dalam membentuk karakter anak pada zaman sekarang," katanya didampingi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Johandi.

Dhany juga mengapresiasi dan berharap kepada Kompak JP untuk bisa melahirkan generasi yang unggul berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta jajaran pemerintah terkait lainnya.

"Teman-teman manfaatkan wadah ini untuk kita jadikan sebuah penelitian yang objektif terhadap sebuah fenomena pendidikan. Sehingga, kita menemukan sistem pendidikan yang bisa membangun generasi-generasi penerus yang berkualitas," imbaunya.

Dhany mengucapkan selamat kepada Kompak JP yang baru saja melakukan ikrar, komitmen bersama terhadap tugas dan fungsi yang melekatnya.

"Semoga apa yang diikrarkan seperti temanya yaitu, optimalisasi peran guru penggerak untuk pendidikan tuntas dan berkualitas," tandasnya.