Sambut HUT RI, Kelurahan Kampung Bali Gelar Bazar Jakpreneur dan Pentas Seni

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Bazar Jakarta Enterpreneur dan juga pentas seni Kelurahan Kampung Bali. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dua hari menjelang peringatan HUT RI ke-78, Kelurahan Kampung Bali berkolaborasi dengan Satpel UMKM Kecamatan Tanah Abang menggelar bazar Jakarta Enterpreneur dan juga pentas seni.

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan, banyak kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI, ada yang dilakukan di ruang lingkup RT/RW, dan ada juga di kelurahan-kelurahan yang bekerja sama dengan CSR di wilayahnya masing-masing.

“Untuk menyambut HUT RI ini, kita mengimbau kepada warga masyarakat untuk menghias diri, baik itu rumah, kantor, dan gedung. Disamping itu, kita juga mengimbau untuk dilaksanakan kegiatan yang sifatnya membangkitkan semangat warga masyarakat,” ujarnya, di RPTRA Hati Suci, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (15/8). 

Melihat kegiatan di RPTRA Hati Suci, lanjut Dicky, pihaknya sangat antusias dan bangga atas apa yang ditampilkan, mulai dari perwakilan sekolah hingga, komunitas-komunitas seni yang ada di Kampung Bali menampilkan masing-masing kemampuannya dengan baik.

“Ini contoh yang baik, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini akan menjadi pemantik semangat kepada yang lainnya sehingga, menjadikan Jakarta yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Lurah Kampung Bali Ety Kusmiyati menambahkan, kegiatan yang berkolaborasi dengan Satpel UMKM ini menghadirkan sekitar 30 pedagang binaan Jakpreneur untuk menjual produk-produk kebanggaannya.

“Untuk hari ini terdapat sembilan penampilan yang berasal dari siswa-siswi sekolah yang berada disekitar Kampung Bali, selain itu seni beladiri yang tampil tadi hasil binaan di RPTRA Hati Suci, dan untuk kebudayaan dari binaan RPTRA Hasbi,” tambahnya didampingi Kasatpel UMKM Kecamatan Tanah Abang Syarif.

Lanjut Ety, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, dan esok akan diisi dengan tujuh macam perlombaan yang dapat diikuti oleh warga Kampung Bali.

“Puncak acara dan pemberian hadiah kepada pemenang akan dilaksanakan besok. Tadi juga kita ada job fair bersama Anter Aja, selain itu ada pelatihan memasak dari BRI Peduli, jadi hasil yang ada di penataan kawasan unggulan diolah di sini, ada sayuran hidroponik, dan ikan dari kolam gizi, warga hari ini diajarkan membuat nugget bayem dan besok bakso nila,” ungkapnya.

Ety berharap dengan adanya kegiatan ini, segala potensi yang ada di warga Kampung Bali dapat mencuat sehingga, dapat terakomodir dengan baik.