Sebanyak 1.174 KPM Warga Utan Panjang Terima Bansos

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Utan Panjang menyerahkan bansos berupa warga kepada warga. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pada September lalu, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan program bantuan sosial (bansos) berupa beras seberat 10 kg sebagai upaya nyata untuk membantu warga negara yang terdampak krisis pangan.

Program ini merupakan langkah pemerintah dalam memberikan dukungan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi oleh warga.

Untuk menindaklanjuti penyaluran bansos beras kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kelurahan Utan Panjang melaksanakan pendistribusian bansos untuk 1.174 KPM yang dilaksanakan serentak pada hari ini.

Lurah Utan Panjang Gatra Pratama Putra yang melakukan monitoring di RW 04 dan RW 05 mengatakan, kegiatan ini selesai dalam satu hari, artinya beras-beras ini didatangkan di pos-pos dan kemudian warga yang telah memiliki surat undangan hadir untuk mengambilnya.

“Jadi bansos ini pendistribusiannya melalu PT Pos Indonesia, warga membawa undangan dan juga KTP asli untuk dicocokkan datanya,” ujarnya didampingi Sekkel Winarti.

“Tadi saat pembagian, saya nanya-nanya ke warga untuk pemanfaatan beras bansos ini. Alhamdulillah beras 10 kg ini sangat berguna, jadi untuk warga yang memiliki anggota kelurga sekitar 4-6 orang beras ini dapat mencukupi hingga 10 hari,” bebernya.

Gatra berharap kedepannya program-program sosial yang diadakan pemerintah agar lebih tepat sasaran, sehingga benar-benar sampai kepada warga yang membutuhkan dan manfaatnya akan terasa lebih berarti.

Sementara itu, salah seorang warga RW 05 Joe Me Siang yang berusia 65 tahun mengaku cukup terbantu dengan adanya bansos beras ini.

“Alhamdulillah sangat membantu untuk kaum lansia seperti saya yang sudah tidak kerja, ditambah sudah sakit-sakitan,” tuturnya.

Dia berharap kegiatan bansos ini terus dilaksanakan sehingga dapat membantu warga kurang mampu.