Sebanyak 50 Peserta Mengikuti Pelatihan Pembuatan Minuman Kesehatan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penutupan pelatihan pembuatan minuman kesehatan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat menutup kegiatan pelatihan pembuatan minuman kesehatan angkatan 1, di RPTRA Melati 04, Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (24/2).

Plt Kasie P3T (Pelatihan, Penempatan Produktivitas, dan Transmigrasi) Titis Sri Hartopo mengatakan, untuk angkatan 1 ini diikuti 50 peserta yang berlangsung dari tanggal 20-24 Februari dengan penempatan pelatihan 25 peserta di RPTRA Melati 04, dan 25 peserta lainnya di RPTRA Raning.

Lanjut Titis, pelatihan ini berdasar dari Pergub Nomor 2 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan kewirausahaan terpadu atau yang biasa disebut sekarang ini Jakpreneur.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan para wirausahawan baru yang handal, dan pada akhirnya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Selain itu, untuk meningkatkan taraf hidup para semua peserta yang ikut,” ujar Titis.

Pelatihan pembuatan minuman kesehatan ini, jelas Titis, terdiri dari pembuatan bir pletok, beras kencur, lemon tea dari kembang telang dan lain sebagainya. Semua peserta juga dilatih untuk membuat desain kemasan, foto produk, logo produk, dan juga katalog produk serta difasilitasi untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Setelah pelatihan ini, kita juga memberikan alat-alat penunjang untuk memulai usaha, ada kompor gas, dan juga sealer untuk merekatkan plastik pembungkus kemasan dan lain-lain,” katanya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat mengurangi tingkat pengangguran, khususnya di Jakarta Pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Wuri warga Rusun Benhil 2 mengucapkan, terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

Alhamdulillah jadi nambah ilmu bisa membuat minuman herbal, bukan cuma jamu yang kita tau dipasaran aja, kita diajarin buat varian lainnya. Semoga kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin,” tutupnya.