Sudin Pusip Berikan Apresiasi Kepada 75 Peserta IKRA Triwulan III Tahun 2023 Warga Kemayoran

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian apresiasi bagi peserta IKRA Triwulan III Tahun 2023. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar apresiasi Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan III Tahun 2023, di Sekretariat RW, Kelurahan Cempaka Baru, Jalan Cempaka Baru II, Nomor 1, RT 02/06, Kecamatan Kemayoran,  Selasa (19/9). 

Kepala Suku Dinas Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, program IKRA berlangsung tiap triwulan dan untuk triwulan ketiga telah berlangsung pada 1-7 September lalu di Kecamatan Kemayoran yang diikuti oleh 472 anak, kemudian disaring menjadi 75 anak dalam kegiatan aktivitas membaca.

“75 anak dari lima kelurahan di Kecamatan Kemayoran mendapatkan sertifikat dalam kegiatan aktivitas membaca. Selain itu, ada penyerahan doorprize yang diundi, terdapat lima orang anak yang mendapat hadiah sepeda pada Puncak Apresiasi IKRA kali ini," katanya.

Irwan mengatakan, sebelumnya kegiatan IKRA dilakukan di rumah masing-masing, anak dibantu orang tua untuk meng-upload kegiatan anak membaca ke media sosial.

“Dengan kegiatan ini diharapkan peran keluarga bisa meningkatkan literasi membaca kepada anak-anak maupun orang tua,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunda Literasi Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengapresiasi kegiatan IKRA yang diinisiasi oleh Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

Menurut Ucu, anak-anak adalah generasi bangsa yang akan mengisi DKI Jakarta nanti untuk tahun 2045 sebagai generasi emas. Untuk itu, anak-anak perlu menambah wawasan dengan membaca. 

“IKRA akan menjadi kebiasaan anak di masa depan untuk rajin membaca dan mereka akan memetik hasilnya pada 15- 20 tahun yang akan datang. Dan sebagai bulannya literasi, ini menjadi moment yang sangat menyenangkan untuk anak-anak menjadi anak yang cerdas dan berakhlak,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi E Idris Ahmad menambahkan, IKRA merupakan salah satu strategi pemerintah daerah untuk memberikan kesan dan pengalaman termasuk mengapresiasi anak-anak mulai membiasakan atau membudayakan membaca.

“Harapnya kegiatan ini terus berlanjut dan peserta semakin banyak dan memberikan kesan yang baik bahwa membaca lebih baik untuk masa depan. Imbauan mulailah membaca dari buku yang kita suka tidak perlu banyak yang penting rutin dan konsisten membaca,” tutupnya.