Tingkatkan Harmoni, Ulama dan Umara  Laksanakan Salat Subuh Berjamaah di Masjid Jami Matraman

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Ulama dan Umara Jakarta Pusat (Jakpus) melaksanakan salat subuh. Foto: Iman

Ulama dan Umara Jakarta Pusat (Jakpus) melaksanakan salat subuh berjamaah di Masjid Jami Matraman, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Sabtu (20/5). 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Wasilah Subuh Ulama dan Umara Kecamatan Menteng ini di antaranya dihadiri, MUI Jakarta Pusat, DMI, dan FKUB. Dari unsur Umara hadir Camat Menteng, Suprayogie serta perwakilan dari Polres Jakarta Pusat.

Selain salat subuh berjamaah kegiatan ini juga ini diisi dengan doa dan dzikir bersama serta tausiah keagamaan yang mengangkat tema “Meningkatkan Ketaqwaan dan Ukhuwah Islamiyah Menuju Indonesia yang Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghaffur” yang disampaikan oleh K.H. Maulana Kamal Yusuf.

Dalam ceramahnya K.H. Maulana Kamal Yusuf menyampaikan, kegiatan ini berlangsung masih dalam suasana pasca-Idulfitri. Ia menyatakan ada beberapa ciri seorang muslim yang sukses menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan, di antaranya meningkatnya rasa takwa pada diri seorang muslim tersebut. 

“Dengan meningkatkan iman dan takwa akan menambah keberkahan bagi kita, di antaranya cirinya adalah meningkatnya aktivitas ibadahnya seperti salat subuh berjamaah ini,” ucapnya.

Selanjutnya, ulama yang juga guru tetap di acara keagamaan Islam yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat ini menyatakan, forum seperti ini adalah wadah yang bagus untuk meningkatkan harmoni di antara ulama dan umara khususnya Jakarta Pusat dan yang lebih luas DKI Jakarta dan negeri tercinta Indonesia.

“Dengan bertakwa kita akan menuju kepada negeri yang baldatun toyyibatun warofun gofur,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Menteng Suprayogie yang mewakili Pemkot Administrasi Jakarta Pusat menyatakan, forum ini adalah wadah untuk menyatukan sinergitas antara ulama dan umara, khususnya untuk mempererat silaturahim dan menjaga ketertiban wilayah.

“Harapannya forum ini terus berlangsung untuk terus menebarkan kebaikan di masyarakat,” tandasnya.