Tinjau Kampung Proklim di RW 07 Paseban, Asekbang Beri Nilai 8

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Peninjauan kampung proklim di Kelurahan Paseban. Foto: Farandy Purba

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting meninjau lokasi kampung proklim sekaligus melakukan panen ikan nila dan sayuran jenis bayam dan kangkung di wilayah RW 07, Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Kamis (16/2).

Dalam tinjauannya tersebut, Bakwan Ferizan Ginting berterima kasih kepada seluruh warga RW 07 Kelurahan Paseban yang memiliki kesadaran untuk menata lingkungan menjadi lebih baik.

"Jadi memang warga di sini mempunyai kesadaran untuk menata lingkungan menjadi lebih baik, serta dapat memanfaatkan lahan kosong menjadi bermanfaat," ujarnya didampingi Kabag PKLH Martua Sitorus di lokasi. 

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pembinaan dalam menangkal proses perubahan iklim yang terjadi di belahan dunia. 

"Perubahan iklim akan berdampak ke kita, dan kita harus mengantisipasinya dengan memanfaatkan lahan tidur untuk meningkatkan ketahanan pangan," kata Asekbang. 

Dalam kesempatan tersebut Bakwan Ferizan Ginting pun secara khusus memberi kredit kepada proklim di RW 07 yang sudah cukup memenuhi syarat dalam kategori penataan lingkungan dan ketahanan pangan.

"Nilai 8 itu mungkin sudah dapat, tapi tetap perlu pembinaan dan kita tadi sudah bertekad menjadikan RW 07 ini menjadi proklim Lestari," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Ketua RW 07 Paseban Tarmiji mengatakan, hasil yang diperoleh ini berkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Namun, tetap dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk membangun atau mengelola proklim ini.

"Proklim menjadi salah satu kebanggaan khusus warga RW 07. Ke depan akan kita tingkatkan melalui program lain terkait proklim," ujar Tarmiji.

Dia pun mengajak seluruh warga agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk dilakukan penghijauan dan tentunya dapat menghasilkan nilai ekonomis.

Keberadaan proklim di RW 07 ini tentunya mendapat dukungan dari jajaran Kelurahan Paseban sebagai salah satu pembina proklim di tingkat kelurahan. Sekretaris Kelurahan Paseban Naila mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk membangun wilayah terkait prokilim untuk kepentingan warga.

"Support dari kami adalah apapun yang menjadi instruksi dari pemerintah terkait dengan penataan wilayah akan kami selalu koordinasikan dengan pemangku wilayah yaitu, Pak RW dan RT," pungkasnya.