Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Wali Kota: Mengenang Sejarah Bersatunya Pemuda

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023, di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (30/10).

Peringatan ini menjadi momentum untuk mengenang kembali sejarah bersatunya para pemuda Indonesia menyatukan tekad, secara bersama memperjuangkan Kemerdekan Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda tahun ini bertemakan “Bersama Majukan Indonesia” sesuai dengan Surat Amanat Kementrian Pemuda Dan Olahraga. Surat edaran tersebut dibacakan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Dalam amanat tertulis, kata Dhany, Menpora menyebutkan peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk barisan manusia menyimbolkan kolaborasi dan warna 
-warni.

"Simbol ini menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Heterogenitas yang ditampilkan sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia," jelasnya

Menurutnya, posisi Indonesia saat ini memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

“Semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur," terangnya.

Pemerintah Republik Indonesia, lanjutnya, telah membuka secara luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia seiring sejalan dalam mewujudkan harapan masa depan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.