Wali Kota Berbincang dengan Masyarakat Sawah Besar Lewat Serap Aspirasi Dewan Kota

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Serap aspirasi di Kantor Kecamatan Sawah Besar. Foto: Malik Maulana

Setelah kemarin Serap Aspirasi Dewan Kota berlangsung di Kecamatan Kemayoran, kali ini Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma kembali hadir di Aula Kantor Kecamatan Sawah Besar, Rabu (7/6).

Baca Juga:

Serap Aspirasi Dapat Selesaikan Persoalan di Masyarakat 

Dhany mengatakan, pihaknya menyambut gembira kegiatan serap aspirasi ini dapat terlaksana dengan baik oleh dewan kota dan Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK).  

"Kegiatan Serap Aspirasi Dewan Kota Jakarta Pusat merupakan salah satu program dari dewan kota yang rutin dilaksanakan, jadi bukan hanya di tahun ini, tetap di tahun sebelumnya juga sudah dilakukan serap aspirasi masyarakat," kata Dhany didampingi Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany.

Menurutnya, kanal-kanal untuk menampung aspirasi masyarakat itu butuh banyak, baik secara langsung maupun aplikasi, baik melalui program yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maupun yang sifatnya insidental.

Contoh, lanjutnya, masa reses dilakukan oleh pimpinan-pimpinan yang tergabung lembaga politik di DPRD. Kemudian dewan kota juga melaksanakan itu, belum lagi dalam setiap rakorwil di tingkat kecamatan dan tingkat kota selalu kita mendengarkan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat.

"Tujuannya adalah untuk kita bisa memahami nilai-nilai publik, jadi yang dikedepankan sesungguhnya adalah nilai-nilai publik, yang menjadi persoalan publik, karena kita semua mengemban amanah untuk berada di ranah-ranah publik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kota Administrasi Jakarta Pusat Ardy Purnawan Sani mengatakan, lembaga kemasyarakatan itu memiliki peran yang strategis untuk mensukseskan program yang menjadi kepentingan pemerintah pusat utamanya adalah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat.

"Saya berharap dengan kegiatan serap aspirasi ini sudah tidak ada lagi jalan rusak, sudah tidak ada lagi lampu mati, dan saya berharap nantinya semua air bersih bisa dinikmati oleh masyarakat dan kesehatan masyarakat itu juga bisa meningkat. Itulah cita-cita saya ketika saya menjadi dewan kota mudah mudahan ini bisa menginspirasi kita semuanya," tandasnya.