Wali Kota Buka Lomba Keterampilan Baris-Berbaris 3 Dekade Paskibraka

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma berfoto dengan peserta LKBB. Foto: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka pagelaran Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) dan Central Food Festival (CFF) dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) 3 Dekade Paskibraka yang diinisiasi Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Sebelumnya, terlebih dahulu diadakan apel yang diikuti seluruh peserta LKBB dan penyematan nomer peserta oleh wali kota, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Sabtu (29/7).

Dhany Sukma mengatakan, LKBB ini tidak hanya melibatkan Paskibraka Jakarta Pusat saja melainkan diikuti peserta dari Banten, wilayah Jawa Barat, dan kota yang ada di DKI Jakarta. 

"LKBB ini merupakan sebuah upaya bagaimana menggali potensi tanpa harus melihat batas wilayah administrasi. Nantinya dapat menghasilkan anak-anak yang berkualitas dari sistem keterampilan LKBB," katanya. 

"Saya berharap ke depan PPI dapat mengembangkan kembali agar lebih banyak pesertanya, waktunya ditambah, dan bazarnya juga ditambah yang berdampak pada peningkatan ekonomi UMKM," imbuhnya. 

Baca Juga:

Bahas HUT 3 Dekade Paskibraka, Wawali Terima Audiensi PPI

Sementara itu, Ketua PPI Jakarta Pusat Wan M Guntar menambahkan, untuk LKBB diikuti 59 peserta dari berbagai sekolah di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. 

"Tingkatannya sendiri SMP dan SMA. Sementara untuk bazar tenant diikuti 21 UMKM yang tidak hanya di Jakarta Pusat tapi juga dari wilayah kota DKI Jakarta. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari dari pagi hingga malam," jelasnya. 

Menurutnya, usia 30 tahun Paskibraka menjadi sebuah tantangan sendiri buat para anggotanya dan mantan paskibraka yang diwadahi oleh PPI dengan terus memberikan kontribusi, bukan hanya menciptakan generasi muda program paskibraka yang berkerja sama dengan pemerintah tapi juga kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan sosial lainnya. 

"Kegiatan ini merupakan swadaya sendiri selain mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui fasilitas namun untuk dana kami berkerja sama dengan pihak swasta dan swadaya sendiri dari anggota. Sebagai tanggung jawab kami sebagai organisasi masyarakat untuk berkontribusi kepada masyarakat," jelasnya.

Untuk diketahui, pemenang lomba akan diumumkan Sabtu (29/7) malam di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat.