Wali Kota Jakpus Buat Boneka Ondel-ondel di Pagelaran Seni dan Budaya Betawi

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuat boneka Ondel-ondel Betawi. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuat boneka ondel-ondel usai membuka Pagelaran Seni dan Budaya Berbasis Komunitas dengan tema 'Semarak Budaya Betawi', di Jalan Zamrud Raya RW 04, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Minggu (17/12).

Membuat boneka ondel-ondel juga diikuti Camat Kemayoran Asep Mulyaman, Lurah Sumur Batu Nurhidayat, Ketua RW 04 Sumur Batu Joko Hardoyo, dan para warga.

"Ternyata memang membuat boneka ondel-ondel itu harus ada tata caranya. Tadi dibuatin polanya dan harus cepat memasang pernak-pernik ondel-ondel. Jika kita tidak tau kuncinya memang sulit, tapi ternyata hasilnya lumayan bagus," katanya.

Pagelaran seni budaya Betawi ini, lanjutnya, diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan bekerja sama dengan Suku Dinas Kebudayan Kota Administrasi Jakarta Pusat namun, secara teknis dijalankan oleh warga masyarakat melalui ketua RW 04 Sumur Batu agar dapat melestarikan budaya betawi termasuk membuat boneka ondel-ondel.

"Pagelaran seni dan budaya betawi ini sudah berlangsung di setiap kecamatan se-Jakarta Pusat untuk di Kecamatan Kemayoran sendiri dilaksanakan pada periode akhir tahun," jelasnya.

Dhany juga berharap agar budaya betawi terus dilestarikan karena merupakan akar dari kebudayaan yang ada di Jakarta.

"Budaya betawi terus kita lestarikan karena merupakan akar dari kebudayaan Jakarta yang berinteraksi juga secara multikultur dengan kebudayaan-kebudayaan yang ada," ucapnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kaum betawi karena sudah menjadi tuan rumah yang hebat dan menerima saudara-saudaranya dari seluruh penjuru Indonesia," tandas Dhany.