Wali Kota Minta Core Values Ber-Akhlak di Internalisasi ASN dengan Baik

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan silaturahmi bersama jajaran pegawai Kecamatan Tanah Abang. Foto: Wisnu Magang

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan silaturahmi bersama jajaran pegawai Kecamatan Tanah Abang, dalam kegiatan pembinaan kepegawaian kecamatan, kelurahan, dan sektoral di hotel kawasan Kampung Bali, Rabu (22/2).

Dalam kesempatan tersebut, Dhany seperti biasanya meminta kepada seluruh ASN untuk menyatukan persepsi terkait penyelenggaraan pemerintahan berbasis nilai-nilai untuk dipahami bersama.

"Apalagi ada kebijakan terkait nilai-nilai budaya kerja Ber-Akhlak yang memang dilakukan secara umum, secara nasional. Harapannya nilai tersebut bisa di internalisasi dengan baik pada seluruh jajaran ASN karena yang menyampaikan adalah kepala perangkat daerahnya langsung," ujar Dhany.

Usai program pembinaan ini dilaksanakan, lanjut Dhany, pihaknya akan melihat implementasi nilai-nilai tersebut di lapangan, apakah berjalan dengan baik atau justru sebaliknya hanya dianggap sebagai simbol bagi para ASN.

"Nilainya Ber-Akhlak tadi benar-benar ter-internalisasi artinya, berorientasi pada pelayanan, kemudian dia juga dalam melakukan tindakan bersifat akuntabel, serta dapat mengembangkan kompetensinya. Kemudian juga loyal, adaptif, dan semangat kolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan menangani tugas," paparnya.

Momen pembinaan ini tentunya mendapatkan respon positif dari seluruh peserta. Salah satunya, Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty yang menurutnya kegiatan ini sangat baik untuk perkembangan diri ASN.

"Walaupun kita sudah tahu ya terkait dengan budaya kerja terus juga ASN Ber-Akhlak, tapi pak wali tadi menjelaskannya dengan contoh. Jadi, kita lebih cepat mengingatnya," terang Ety.

Ety pun berharap pembinaan ini dapat menjadi motivasi dan menciptakan ASN yang inovatif, kreatif untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.