116 Peserta Ikut Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits Tingkat Kota Jakpus

Reporter: Rizka Amelia Magang  | Editor: Andreas Pamakayo

Pawai kafilah STQH. Foto: Vhatra

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke-28, di Masjid Al Fauz.

Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke-28 diawali dengan penampilan pawai Ta'aruf dan peserta dari setiap perwakilan kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

Seleksi STQH Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2024 ini dibuka langsung oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi.

Reza Pahlevi mengatakan, penyelengaraan STQ merupakan agenda penting dan rutin yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Tiwatil Qur’an (LPTQ) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“STQ bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat dalam menumbuh kembangkan cinta kepada Al-Qur’an. Dalam hadirnya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat meninjau dan memahami isi dari kandungan Al-Qur’an, dapat terwujud generasi Qur’ani yang mengamalkan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari baik secara pribadi maupun masyarakat," katanya, di Masjid Al Fauz, Kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (16/10).

“Saya sangat percaya dengan talenta anak muda peserta STQH Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat, semoga nanti bisa meraih prestasi di Tingkat Provinsi yang bisa dibanggakan kedepannya," imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, Reza berharap, pontensi besar yang ada di STQ Tingkat Kota dapat ditingkatkan dan dikembangkan sehingga bisa mewakilkan Jakarta Pusat ke Tingkat Nasional.

Sementara itu, Ketua LPTQ Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat Ustaz Muhaimin menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari hari ini Rabu (16/10) sampai dengan Kamis (17/10) besok hari yang bertempat di dua lokasi yakni, Masjid Al Fauz dan Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Pusat.

"Untuk pelaksanaan STQ ke-28 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat diikuti oleh perwakilan kafilah di tiap kecamatan se-Jakarta Pusat," ucapnya.

Muhaimin juga bersyukur dan berterima kasih atas dukungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat yang telah membantu pelaksanaan STQ pada tahun ini.

"Saya mohon doa dan dukungannya agar kami terus istiqomah dan amanah dalam membangun LPTQ Jakarta Pusat menjadi lebih baik dan maju lagi," tuturnya.

Untuk diketahui, perlombaan STQH ini diikuti sebanyak 116 peserta yang terbagi dari beberapa kategori perlombaan yaitu lomba Tilawah Anak (Seni Baca Al-Qur'an), Tilawah Dewasa, Tahfizh 1 juz + Tilawah, Tahfizh 5 juz + Tilawah, Pawai Ta'aruf. Selain itu, dimeriahkan dengan penampilan hadroh, marawis, dan bazar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi, Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat Afwan Sofwan.