Asekbang Nilai BPS RW di Cideng dan Kampung Bali

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang menilai BPS RW. Foto: Malik Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting melakukan peninjauan penilaian Lomba Jakarta Gotong Royong, Lingkungan Asri Kota Lestari, di Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW Cideng 01, RW 010 Cideng serta RW 08 Kampung Bali, Senin (8/1).

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan bahwa hari ini melihat aktivitas BPS RW ini sudah betul-betul melakukan aktivitas pemilahan sampah. 

Peninjauan ini, lanjutnya, bertujuan agar masyarakat juga dapat berperan aktif dalam kebersihan lingkungan. "Tujuannya bagaimana masyarakat berperan aktif untuk peduli lingkungan dengan bergotong royong, jadi semangatnya ini yang ingin kita bangkitkan kembali di setiap lingkungan warga masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, selain melestarikan lingkungan hidup juga menambah nilai silahturahmi antar warga sehingga dengan demikian dapat menimbulkan kerukunan warga. 

“BPS RW ini nilainya 25 persen dalam lomba Jakarta Gotong Royong, nantinya nilai tertinggi akan kita usulnya ke Tingkat Provinsi, jadi peninjauan ini dalam proses penilaian tingkat kota yang akan berlangsung di delapan kecamatan pada tiap kelurahannya,” ungkap Bakwan Ferizan Ginting. 

Baca Juga: 

Tim Penilai Lomba Jakarta Gotong Royong Tingkat Kota Sambangi Empat Kelurahan

Sementara itu, Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat (PSM) Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Binsar Siregar menambahkan bahwa ia melihat masyarakat telah berperan aktif dalam kebersamaan dan gotong royong.

“Semangat gotong royong itu mau dibangkitkan, tidak lagi melulu pemerintah, tapi selaku pemerintah memberi dukungan dengan bergerak bersama menata lingkungan RW-nya," imbuhnya.

“Yang nilai partisipasi masyarakat, berapa persen masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilahan sampah ini, termasuk administrasinya, ada yang fisik di lapangannya, ada SK Bank Sampahnya, SK BPS RW, dan Struktural BPS-nya” tutupnya.