Inspektorat Provinsi DKI Jakarta Buka Posko Saber Pungli di Stasiun Senen

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Posko Saber Pungli di Stasiun Senen. Foto: Malik Maulana

Inspektorat Provinsi DKI Jakarta melalui Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) DKI Jakarta membuka Pos Pengaduan Pencegahan Pungutan Liar (Posko Saber Pungli) pada saat mudik Lebaran, di Stasiun Senen, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Rabu (4/4).

Inspektur Pembantu Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nirwan menjelaskan, Posko Saber Pungli berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta ditempatkan saat pemudik yang sedang ramai-ramainya hingga nanti puncak arus mudik. 

"Posko didirikan dari tanggal 3 hingga 9 April 2024 dalam memberantas pungli serta mengantisipasi pemudik di Stasiun Senen terkena pungli," katanya. 

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga membuka layanan konsultasi di pos pengaduan pungutan liar. "Hadirnya kita di sini untuk memberantas pungutan liar agar tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi menjelang mudik lebaran," ucapnya.

"Melalui 4 sub tim di UPP yakni Intelijen, Pencegahan, Penindakan, dan Yustisi diharapkan paling tidak dapat menekan para oknum terhadap perbuatan permintaan uang di luar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah," imbuh Nirwan. 

Sementara itu, salah satu pemudik Firdaus yang akan mudik ke Tegal senang dengan adanya pos pengaduan pungli.

“Bagus ya ada posko pengaduan pungli yang merupakan salah satu inovasi dari Pemerintah DKI Jakarta, jadi kalau kita menjadi korban pungli di Stasiun Senen kita tahu bakal lapor kemana, sehingga mencegah adanya pungli itu sendiri” ungkapnya.

“Semoga tidak ditemukan pungli di stasiun senen yang merugikan pemudik” harapnya.