Kelurahan Petojo Selatan Lakukan Sosialisasi Cegah Stunting dan Berikan PMT dengan Gizi Seimbang

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Plh Kasie Kesra Kelurahan Petojo Selatan Hikmah Widiyanti memberikan PMT dengan gizi seimbang. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Petojo Selatan bersama dengan Satpol PP melaksanakan sosialisasi dan pemberian makanan tambahan (PMT) dengan gizi seimbang bagi 14 balita, di RW 07 dan 08, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Plh Kasie Kesra Kelurahan Petojo Selatan Hikmah Widiyanti mengatakan, sosialisasi atasi stunting dan pemberian makanan dengan gizi seimbang dilakukan agar anak di wilayah Petojo Selatan menjadi sehat.

"Makanan dengan gizi seimbang ini diberikan atas rekomendasi dari RSUD dan Puskesmas Kecamatan Gambir," katanya, Rabu (24/7).

Hikmah menjelaskan, jika ada anak yang mempunyai penyakit bawaan dari lahir bisa konsultasi ke RSUD nanti hasilnya dibawa ke puskesmas untuk disesuaikan dengan menu tambahannya.

"Jadi pemberian gizi seimbang ini sesuai dengan menu tambahan agar tumbuh kembang anak dapat sesuai dengan yang diharapkan," ucapnya.

Menurutnya, pemerintah selalu mendukung dalam tumbuh kembang anak agar bertumbuh dengan normal dan sempurna sesuai umurnya, tinggal dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar.

"Pemerintah telah berusaha 100 persen dan berkerja sama dengan berbagai unsur terkait termasuk CSR untuk memberikan jaminan kesehatan bukan hanya anak yang terindikasi stunting saja melainkan seluruh anak di wilayah Kelurahan Petojo Selatan," terangnya.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh orang tua agar lebih memperhatikan asupan bagi anaknya karena sangat berpengaruh terhadap daya pikir mereka," imbuhnya.

Hikmah berharap, di wilayah Kelurahan Petojo Selatan tidak ada lagi anak yang terindikasi stunting, jika masih ada program PMT dengan gizi seimbang akan terus berjalan.

Sementara itu, Kasatpol PP Kelurahan Petojo Selatan Ahmad Azwarnas menambahkan, sosialisasi dilakukan agar warga tahu tentang pentingnya asupan gizi dan menjaga anak tetap sehat.

"Kita dari Satpol PP membantu mensosialisasikan terkait stunting, dari mulai pentingnya asupan gizi dan mengajak para orang tua untuk rutin memeriksakan kesehatan akan ke posyandu," katanya.

Dalam sosialisasi itu, lanjutnya, mengerahkan 15 personel Satpol PP Kelurahan Petojo Selatan.

Nuraini salah satu warga Kelurahan Petojo Selatan RW 07 mengucapkan terima kasih karena telah memperhatikan anaknya dengan memberikan makanan tambahan dengan gizi seimbang.

"Alhamdulillah anak saya kini sudah sehat dan tumbuh kembangnya semakin meningkat," tandasnya.