Kominfotik Apresiasi Program Cegah Stunting Kompas TV

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Kolaborasi antara Kominfotik Jakarta Pusat bersama Kompas TV. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Jakarta Pusat mengapresiasi program cegah stunting Kompas TV yang bertajuk ‘Merah Putih Sehat’ di halaman Bentara Budaya Jakarta, Kelurahan Gelora, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Kepala Seksi KIP Sudin Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Pusat Ika Meilani Untari mengatakan, kolaborasi dalam mengentaskan stunting atau tengkes ini cukup bagus, dilihat dari angka prevelensi di Jakarta Pusat yang kian menurun, dari target nasional 14 persen, dan di Jakarta Pusat berada di 3,08 persen.

Menyoal kolaborasi dengan Kompas TV, lanjut Ika, pihaknya menyambut baik bila ke depannya ada program-program TV yang mengangkat terkait stunting.

“Kompas TV inikan media, media yang bertugas penyambung informasi kepada masyarakat, saya sangat berharap tema stunting dapat diselipkan pada talkshow, sinetron ataupun program remaja, karena stunting bukan melulu pemberian makanan tambahan, akan tetapi pencegahannya sejak dini, mulai dari pemberian pil penambah darah bagi remaja putri, serta informasi tentang kesehatan lingkungan, itu semua ada dipencegahannya, nah teman-teman media bisa mengambil tempat di situ,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ika menambahkan, untuk mendapatkan gizi yang bagus tidak perlu mahal, contohnya ikan kembung yang harganya relatif tidak mahal, tetapi proteinnya lebih tinggi dibanding ikan salmon, ada juga telur dan ayam yang dapat juga dikonsumsi.

“Ayo ibu-ibu serta masyarakat sekalian, untuk mendapatkan anak yang sehat itu tidak susah, namun memang harus fokus. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kesehatan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Kompas TV yang ke-13, seraya saya ucapkan terima kasih atas sumbangsihnya dalam mengentaskan stunting khususnya di Jakarta Pusat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas TV Yogi Nugraha menuturkan, 
Merah Putih Sehat merupakan event yang diselenggarakan di lima kota, yaitu di Surabaya, Makassar, Medan, Bandung dan tentunya hari ini di Jakarta dalam mewujudkan generasi sehat terbebas dari stunting.

“Merah putih sehat itu sendiri gerakan dalam wujud kegiatan dari Kompas TV sebagai teman terpercaya, mengajak masyarakat untuk bersatu dalam mewujudkan generasi sehat dan kuat Indonesia,” ujarnya.

“Kita hadirkan sebanyak 150 anak yang berasal dari Kelurahan Gelora Jakarta Pusat serta Kelurahan Grogol Utara, nantinya akan kita beri bingkisan makanan sehat,” tutupnya.