Pantau Tumbuh Kembang Anak, Kelurahan Petojo Selatan Gelar Posyandu Balita

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan kesehatan balita di Kantor Sekretariat RW 07, Jalan Petojo Enclek XIV. Foto: Maulana

Guna memantau perkembangan anak usia di bawah lima tahun (balita) Kelurahan Petojo Selatan bersama Puskesmas, Kader Posyandu, dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kantor Sekretariat RW 07, Jalan Petojo Enclek XIV, Kecamatan Gambir, Selasa (16/1).

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kelurahan Petojo Selatan Anisa Kartika Putri mengatakan, posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap satu bulan sekali.

"Posyandu ini meliputi penyuluhan gizi, penyuluhan keluarga berencana, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala, pengukuran lingkar lengan, imunisasi serta pemberian makanan tambahan (PMT)," jelasnya.

Pada posyandu balita, lanjutnya, ada sebanyak 70 balita dari RW 07 Kelurahan Petojo Selatan telah melakukan pemeriksaan pada pagi ini. "Jadi total dari balita yang ada di sini sekitar 70 orang," katanya.

Nantinya, jelas Putri, petugas juga akan datang ke rumah warga untuk memberikan makanan tambahan bagi balita yang tidak hadir.

Putri juga berharap semoga pelayanan posyandu ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. "Harapannya di sini pelayanan yang kami berikan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para ibu, bagi para balita, dan saya harap juga pelayanan yang kami berikan ini dapat mencegah stunting," tutupnya.