Pemprov DKI Kolaborasi BTN Gelar Jakarta International Marathon 2024

Reporter: Audrya Safira | Editor: Andreas Pamakayo

Peluncuran BTN Jakarta International Marathon 2024. Foto: Angga Rizkiandy

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri peluncuran BTN Jakarta International Marathon 2024, di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno Kompleks, Jalan Jenderal Sudirman No.54-55, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Minggu (10/3).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar acara peluncuran event Jakarta International Marathon (Jakim) 2024. Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi pelaksanaan Jakim 2024 kepada masyarakat pecinta olahraga.

Heru Budi Hartono mengatakan, Jakim 2024 digelar untuk memeriahkan Perayaan HUT DKI Jakarta ke-497. Adapun event berskala internasional tersebut akan dilaksanakan pada 23 Juni 2024 mendatang. 

“Pemprov DKI Jakarta beserta seluruh jajaran dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan serta Dinas Pariwisata mendukung secara penuh kegiatan Jakarta International Marathon,” katanya.

Heru juga menuturkan, pihaknya menjamin keamanan para pelari dan juga akan melakukan sterilisasi jalanan untuk para pelari marathon, tanpa mengganggu aktivitas dan mobilitas warga masyarakat. “Yang harus dijamin adalah S3 (Safety Security Sterile) ucapnya. 

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengimbau kepada seluruh warga Jakarta Pusat dapat ikut mendukung kegiatan BTN Jakim 2024. 

“Kita sebagai tuan rumah, harapannya kepada seluruh warga masyarakat dapat ikut mendukung kegiatan Jakarta International Marathon. Kepada warganya yang memiliki hobi lari, untuk dapat mengikuti kegiatan marathon pada 23 Juni 2024 mendatang,” imbaunya.

Sebagai informasi, pendaftaran bagi masyarakat yang berminat mengikuti ajang ini telah dibuka sejak 10 Maret 2024. Sementara bagi pendaftar yang merupakan nasabah BTN dan memiliki aplikasi BTN Mobile akan mendapat diskon menarik.

BTN Jakim 2024 akan dipusatkan di Silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 23 Juni 2024. Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K) dan 10K. 

Sedangkan hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp2,5 miliar termasuk grand prize sebuah rumah bagi peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).