Penataan Kawasan Triwulan 3, Kelurahan Serdang Libatkan Masyarakat Usung Konsep Penghijauan

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan triwulan ketiga di Kelurahan Serdang. Foto: Maulana

Kelurahan Serdang melakukan penataan kawasan unggulan triwulan ketiga, di Gang Mawar 2 RT 02 RW 02 Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/8).

Lurah Serdang Nurpandi mengatakan, konsep penataan kawasan unggulan triwulan ketiga ini mengusung penghijauan dengan melibatkan masyarakat.

"Tidak hanya pihak kelurahan tetapi juga masyarakat turut serta dalam penataan ini. Saat mulai pelaksanaan penataan ini masyarakat ikut membantu dan setelah ini masyarakat sudah berkomitmen untuk melakukan maintenance seperti, menjaga kebersihan serta merawat tanaman yang ada dilingkungan masing-masing seperti menyiram dan lainnya," katanya.

Menurutnya, Gang Mawar 2 dipilih sebagai kawasan unggulan karena merupakan usulan masyarakat yang menginginkan kelanjutan penataan kawasan triwulan pertama yang berada di Gang Mawar.

"Ini kelanjutan dari Gang Mawar yang sebelumnya sudah ditata pada triwulan pertama, sehingga gang ini menjadi semakin hijau," ucapnya.

Nurpandi memaparkan, sebelumnya wilayah tersebut tidak tertata dengan baik di mana banyak sampah berserakan dan tanaman-tanaman liar serta kurangnya penghijauan.

"Alhamdulillah Kita bersama masyarakat dan UKPD lain seperti, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Bina Marga, Sudin Sumber Daya Air, serta Sudin KPKP bersama-sama menata kawasan ini," paparnya.

"Saat ini sudah 65 persen tinggal menunggu penambahan pohon dari Sudin Pertamanan dan juga pemasangan vertikal garden, target akhir Agustus sudah 90 persen dan 10 persen sisanya akan kita selesaikan di awal September," imbuhnya.

Nurpandi pun bersyukur dengan adanya progam penataan kawasan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat wilayah-wilayah yang tadinya tidak tersentuh bisa ditata, menjadi rapi dan hijau kembali.

"Harapan kami program penataan kawasan unggulan yang bagus ini terus berlanjut sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya," tandasnya.