PMI Jakpus Kolaborasi Pasar Modal Gelar Donor Darah di Delapan Kecamatan

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Donor darah. Foto: humas PMI

Palang Merah Indonesia (PMI) berkolaborasi dengan Pasar Modal Indonesia menyelenggarakan kegiatan 'Aksi Donor Darah' bagi masyarakat umum di delapan kecamatan wilayah Jakarta Pusat.

Ketua Bidang Sumber Daya PMI Kota Jakarta Pusat Syamsul Qomar mengatakan, donor darah tidak bisa diabaikan, karena setiap sumbangan darah yang diberikan dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan seperti, korban kecelakaan, pasien yang menjalani operasi, atau penderita penyakit kronis.

Menurutnya, ketersediaan darah yang cukup dan berkualitas sangat krusial dalam menyokong sistem kesehatan. Dengan menjadi seorang pendonor darah, berperan langsung dalam menjaga stok darah.

"Selain itu, donor darah memiliki banyak manfaat kesehatan bagi pendonor. Kegiatan donor darah tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi penerima, tetapi juga menjadi bentuk kontribusi nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (27/2).

Pada donor darah di delapan kecamatan wilayah Jakarta Pusat, lanjutnya, telah terkumpul 800 kantung darah.

"800 kantong darah terkumpul dari kegiatan donor berkolaborasi dengan Pasar Modal Indonesia. Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan donor darah yang dilaksanakan di delapan kecamatan di Jakarta Pusat yaitu, Kecamatan Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baru, Tanah Abang, Gambir, Senen, Menteng, dan Sawah Besar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Edukasi Layanan Jasa Investor PT. KSEI Ruth Yendra Indriyatmi menyebutkan acara Corporate Social Responsibility (CSR) donor darah adalah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Pasar Modal Indonesia dan merupakan wujud nyata dari semangat kepedulian sosial kepada masyarakat. 

"Donor darah kali ini dalam rangka HUT ke-46 Pasar Modal Indonesia serta merupakan bentuk nyata kepedulian sosial kepada masyarakat," ucapnya. 

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kecamatan Tanah Abang yang juga sebagai Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indriani Utami mengucapkan terima kasih kepada Pasar Modal Indonesia atas dukungan di kegiatan donor darah yang memang rutin diadakan di PMI Kecamatan Tanah Abang, dan sekarang kembali diadakan untuk mendukung PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah. 

"Kami harap kegiatan ini dapat membantu mereka yang membutuhkan donor darah dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pengurus PMI Kecamatan Tanah Abang dan PDDI Kecamatan Tanah Abang yang terjun membantu kegiatan. Kita juga memberikan bingkisan kepada setiap pendonor,” tutupnya.