PPKP Adakan Seminar Kesehatan Atasi Hipertensi dan Stroke Bagi ASN

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Seminar kesehatan bagi ASN. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Satuan Pelaksanaan Kesehatan (Satpelkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan seminar terkait hipertensi dan deteksi stroke.

Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP) DKI Jakarta dr Dwian Andhika menjelaskan, ini merupakan seminar pertama yang dilaksanakan di Jakarta Pusat bagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, seminar ini bertujuan untuk mengedukasi pola hidup ASN agar berjalan dengan sehat dan menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi dan stroke.

"Kami mendapatkan temuan angka yang cukup tinggi bahwa di kalangan ASN Pemprov DKI Jakarta terdapat 22,5 persen penderita hipertensi, dan 12 persen stroke. Adanya seminar ini untuk dapat menekan atau menurunkan angka tersebut dengan pola hidup sehat," katanya, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (19/7).

Dwian berharap, para ASN yang mengikuti seminar dapat teredukasi dengan baik atas apa yang disampaikan oleh narasumber dari PPKP DKI Jakarta yaitu, dr Asep Zezen dan dr Alifa Dimanti.

Sementara itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menambahkan, data itu tersaji setelah diadakan skrining test beberapa pekan lalu.

Baca Juga: 

ASN Pemkot Jakpus Ikuti Skrining Kesehatan dan Kebugaran

Untuk itu, Chaidir mengajak para ASN melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar dapat terhindar dari penyakit hipertensi dan turunannya.

“Mulai saat ini atur pola makan yang sehat dan seimbang. Selain itu, rutin olahraga, dan jaga waktu istirahat secara konsisten. Insyaallah dapat terhindar dari hipertensi dan stroke,” tandasnya.