Progres Penataan TW 3 Kelurahan Kwitang Capai 85 Persen

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan TW 3 Kelurahan Kwitang. Foto: Malik Maulana

Progres penataan kawasan unggulan triwulan (TW) 3 Kelurahan Kwitang tahun 2024 terus dikebut dan ditargetkan, penataan kawasan di Jalan Kembang X, RT 07/02 Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, rampung akhir September 2024 mendatang.

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Kwitang Dimas Arief Kurniawan mengatakan, kegiatan penataan kawasan unggulan di Jalan Kembang 10 meliputi sepanjang 65 meter lari jalan. Kegiatan penataan meliputi pengecatan, penghijauan, pengurasan, dan perbaikan jalan.

"Konsepnya bertema kampung warna-warni. Penataan ini merupakan hasil rembuk bersama warga terkait apa yang dibutuhkan dan tepat untuk lingkungan," katanya, Rabu (4/9).

Dijelaskan Dimas, kegiatan pengurasan saluran di jalan tersebut telah rampung dilaksanakan oleh jajaran Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat. Lalu, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat telah melakukan penambalan pengaspalan jalan dan perapian kabel udara di kawasan tersebut.

Sedangkan pihak Suku Dinas Pertamanan dan Kehutanan (Tamhut) Jakarta Pusat menyiapkan penghijauan dan vertikal garden. Dilanjutkan Dimas, kegiatan penataan kawasan unggulan TW 3 Kelurahan Kwitang telah dilaksanakan sejak Minggu kedua Juli 2024 lalu.

Setiap hari, Dimas mengaku mengerahkan sebanyak 10 petugas PPSU untuk lakukan pembersihan dan pengecatan kawasan. Direncanakan, pengecatan warna-warni juga meliputi sebanyak sekitar 25 rumah warga di kawasan jalan tersebut.

"Hingga saat ini progresnya sudah sekitar 85 persen. Target kami penataan rampung akhir September mendatang," tegasnya.

Sementara itu, Ketua RT 07/02 Kelurahan Kwitang Haerudin mengapresiasi pihak kelurahan dan jajaran OPD yang telah melaksanakan penataan di wilayah permukimannya. Haerudin mengaku warga sangat mendukung kegiatan penataan lantaran lingkungannya saat ini lebih bersih dan indah.

"Insyaallah setelah penataan rampung, kami dari warga telah berkomitmen menjaga yang sudah dibangun dan ditata," tandasnya.