Satpol PP Jakpus Sosialisasi Peran Masyarakat Peduli Tramtibum Kepada 100 Mitra

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP Jakpus sosialisasi Masyarakat Peduli Tramtibum. Foto: Maulana

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar sosialisasi peran Masyarakat Peduli Tramtibum (MPT) dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum yang diikuti 100 mitra, di salah satu hotel kawasan Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Senin (2/9).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Tumbur Parluhutan Purba mengatakan, kegiatan sosialisasi MPT ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur untuk berkolaborasi serta beradaptasi.

Purba juga meminta kepada para peserta untuk mengikuti sosialisasi ini dengan baik agar ilmu yang diberikan dari para pembicara dapat diterapkan di wilayahnya masing-masing.

"Untuk 100 mitra agar bisa mengikuti sosialisasi ini dengan baik agar ilmu yang diberikan dari para pembicara dapat diterima dan dapat diterapkan di wilayahnya masing-masing," katanya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menjelaskan, MPT merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh Satpol PP sejak tahun 2022 silam dan saat ini sudah terbentuk 1.400 relawan MPT yang tersebar di 261 kelurahan se-Jakarta.

"MPT ini dibentuk untuk membangun kemitraan antara Polisi Pamong Praja dengan masyarakat," jelasnya.

MPT ini, lanjutnya, dibentuk dari unsur masyarakat sebagai relawan yang akan membantu dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum di wilayahnya masing-masing.

Arifin menambahkan, relawan itu mempunyai idealisme untuk menjaga wilayahnya agar tetap tertib, tentram, aman, dan nyaman. Maka dari itu, para relawan yang saat ini hadir mengikuti sosialisasi MPT nantinya diharapkan dapat berkontribusi bersama-sama dengan Satpol PP di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

Untuk diketahui, sosialisasi yang diikuti oleh 100 orang perwakilan MPT dari delapan Kecamatan di wilayah Kota Jakarta Pusat ini menghadirkan pembicara dari Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, TNI, Polri, dan Biro Hukum.

Sosialisasi MPT ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta Santoso, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ishran Prasetyawan, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat, serta para Kasatpol PP Kecamatan dan Kelurahan.