Seleksi Paskibraka Jakpus Masuk Tahap Tes Kesamaptaan dan PBB

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Seleksi Tes Kesamaptaan, dan PBB bagi calon Paskibraka Kota Administrasi Jakarta Pusat. Foto: Andre

Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan seleksi Tes Kesamaptaan, dan PBB bagi calon Paskibraka Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2024, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (24/4) pagi.

Kepala Badan (Kasuban) Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat mengatakan, ini merupakan tahapan lanjutan bagi peserta yang sudah lolos tes kesehatan.

"Ada sekitar 74 siswa (39 putra dan 35 putri) yang telah tes lolos keshatan kemarin. Hari ini kita khususkan untuk seleksi Kesamaptaan, dan PBB (Peraturan Baris Berbaris)," jelasnya.

Baca Juga: 

439 Peserta Ikut Seleksi Calon Paskibraka Jakarta Pusat Tahun 2024

Pihaknya, lanjut Rachmat, pada seleksi ini dibantu delapan orang Marinir karena mereka yang betul paham terkait apa yang menjadi nilai-nilai kesamaptaan dan baris-berbaris.

"Kita juga dibantu oleh Suku Dinas Kesehatan karena sebelum peserta melakukan kegiatan seleksi ini kami ingin mengetahui cek tekanan darah. Jika tekanan darah tinggi sementara kita istirahatkan dan tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan tahapan seleksi," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini untuk menyaring kembali dari 74 peserta nanti diambil 66 peserta. Besok juga ada tes kepribadian dan psikologi. Nanti dari 66 peserta akan di-ranking dan dari situ akan diambil lima peserta.

"Lima peserta ini yang akan kita berikan namannya ke tingkat provinsi untuk dites selanjutnya di tingkat provinsi," tandasnya.