Sudin KPKP Jakpus Adakan Pelatihan Budidaya Tanaman dan Pendistribusian Rak Hidroponik

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Pendistribusian rak hidroponik.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan pelatihan budidaya tanaman dengan sistem hidroponik yang diikuti 40 peserta, di P4S Mawar, RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Selasa (10/9). 

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan, selain pelatihan juga dilakukan pendistribusian rak hidroponik tahun 2024 kepada kelompok masyarakat perwakilan dari delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat. 

"Pemberian rak hidroponik beberapa di antaranya ada yang merupakan usulan dari aspirasi masyarakat dan telah diverifikasi oleh kami seksi terkait bersama kasatlak di lapangan agar tepat sasaran yang terpenting terdapat pengelolanya, sumber air, dan cukup matahari," jelasnya, didampingi Wakil Camat Kemayoran Nuralamsyah.

Menurut Penty, total ada 40 rak hidroponik untuk delapan kecamatan dan dibagikan juga sarana penunjangnya seperti, pupuk, benih, dan mesin. 

"Rak hidroponik yang diberikan memiliki 96 lubang tanam, timer yang sebelumnya 72 lubang, sehingga lebih besar," ucapnya. 

Penty juga berharap dengan pelatihan dan pendistribusian rak hidroponik ini akan menambah titik lokasi sebarannya untuk urban farming. Pihaknya juga akan melakukan pendampingan sampai dengan tumbuh dan produksi atau panen. 

"Kegiatan ini juga untuk ketahanan pangan pemenuhan pangan yang sehat, aman dan segar baik bagi keluarga dan lingkungan masyarakat," harapnya.

Narasumber pelatihan budidaya tanaman dengan sistem hidroponik dari PT Nusantara Hidroponik.