Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Lakukan Verlap di Kelurahan Kebon Kosong

Reporter: Angga Rizkiandy  | Editor: Andreas Pamakayo

Tim Penilai Tingkat Provinsi melakukan verlap di Kelurahan Kebon Kosong. Foto: Malik Maulana

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta melakukan verifikasi lapangan (verlap) untuk memastikan kesesuaian antara dokumen dan fakta, di kantor Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6).

Ketua Kelompok Kewilayahan dan Pemerintahan Umum Biro Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Syahril Suwarno mengatakan, kunjungan ini dihadiri wakil dari 21 SKPD yang tergabung dalam tim penilai. Selain itu, rombongan juga menyertakan tim dari kesekretariatan dan tata usaha.

"Hari ini datang untuk melihat langsung capaian Kelurahan Kebon Kosong, termasuk upaya tingkat kota dan kecamatan apa yang sudah dilakukan," ujarnya.

Syahril menjelaskan, tim penilai akan menilai dan memastikan bahwa yang tertera dalam dokumen yang sudah diinput oleh kelurahan sesuai dengan fakta lapangan. Sehingga, hasil dari verlap ini akan dijadikan bahan bagi tim untuk melakukan penilaian.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, dari hasil Tim Penilai Tingkat Kota secara fakta di lapangan progres Kelurahan Kebon Kosong sangat luar biasa. 

Untuk itu, Dhany yakin Kelurahan Kebon Kosong sebagai wakil dari Jakarta Pusat sudah melalui proses pemilihan yang ketat dan layak untuk bersaing dengan kelurahan lain di DKI Jakarta.

"Contohnya, tadinya air bersih belum masuk sekarang warga sudah bisa merasakan air bersih. Lalu, yang tadinya jalan belum diperkeras sekarang sudah, tadinya saluran air tidak tertata sekarang sudah tertata dengan rapi,” ujarnya. 

“Apalagi anugerah Terbaik Lingkungan Tingkat Provinsi ada di RW 06. Kemudian ada juga binaan urban farming yang bekerja bersama, baik dari pemerintahnya, sektor swastanya, dan tentunya aktivitas warga masyarakat yang luar biasa partisipatif dan kolaboratif sehingga kita optimis,” tambahnya.

Dhany juga mengimbau untuk terus menjaga wilayah yang telah dibangun agar terciptanya iklim yang kondusif, lingkungan yang bersih, dan lingkungan yang nyaman sehingga Kelurahan Kebon Kosong menjadi wilayah yang nyaman untuk dihuni.

“Harapannya mudah-mudahan Kebon Kosong menjadi yang terbaik di Provinsi DKI Jakarta sehingga bisa mewakili Jakarta untuk mengikuti penilaian di Tingkat Regional di Jawa dan Bali,” harapnya. 

Di tempat yang sama, Lurah Kebon Kosong Alfalast Susetyo Dewanto mengatakan, pihaknya optimis dan berharap dengan semua kelebihan yang dimiliki wilayah Kebon Kosong bisa meraih juara pertama lomba kelurahan.

"Lomba ini bukan menilai kinerja lurah, tapi capaian dari kelurahan. Dengan semua kelebihan yang dimiliki kami yakin Kebon Kosong bisa meraih juara pertama," tandasnya.