TP PKK Jakpus Bersama PAM Jaya Tandatangani Nota Kesepakatan Percepatan Penurunan Stunting

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penandatanganan nota kesepakatan pencegahan stunting. Foto: ist

TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama PAM Jaya menandatangani kesepakatan tentang Percepatan Penurunan Stunting, di RPTRA Rusun Benhil 2, Kelurahan Benhil, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (30/1) kemarin.

Nota kesepakatan ini ditanda tangani oleh Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, dan Ketua Dharma Wanita PAM Jaya Lya Arief.

Ucu mengatakan, dengan adanya penandatangan kesepakatan bersama ini semoga tengkes atau stunting bisa diatasi di lima wilayah kelurahan yang berada di wilayah Jakarta Pusat.

"Saya berterima kasih kepada Dharma Wanita PAM Jaya yang telah membantu membantu Kota Administrasi Jakarta Pusat menurunkan atau mencegah stunting dengan menjadi orang tua asuh bagi 105 anak, baik yang dalam kondisi stunting, wasting, maupun underweight," katanya.

"Bantuan ini akan disebarkan di lima kelurahan yakni, Kelurahan Harapan Mulya, Kelurahan Kebon Kosong, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Bendungan Hilir, dan Kelurahan Karet Tengsin," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita PAM Jaya Lya Arief menerangkan, kegiatan penandatanganan kesepakatan ini merupakan salah satu program CSR PAM Jaya berkolaborasi dengan Dharma Wanita PAM Jaya sebagai bentuk komitmen pencegahan stunting.

"Bantuan yang diberikan berupa biaya kelangsungan makanan untuk satu kali makan siang dan satu kali pemberian makan tambahan (PMT) berupa telur dan susu khusus. Serta pemantauan progresnya yang akan dibantu oleh TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Suku Dinas Kesehatan," terangnya.

Menurutnya, tahun sebelumnya hampir semua anak penerima manfaat mengalami kenaikan berat dan tinggi badan serta tentunya pada tahun ini bisa kembali meningkat.

"Tentunya, pada tahun ini kita akan dapat menghasilkan dampak positif dan menggembirakan seperti tahun sebelumnya," ucapnya.

Selain penandatangan tersebut Dharma Wanita PAM Jaya juga mengadakan seminar pencegahan stunting dengan tema ‘Cegah Stunting, Sehat Jakartaku, Tubuh Indonesiaku'.

Dalam seminar tersebut turut dihadiri dua narasumber yaitu, dr. Dwi Sulistyo W. Dokter di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dan Putri Ayuningtyas, Ahli Gizi Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat terhadap pencegahan stunting.