Wali Kota Ajak Masyarakat Pengarusutamaan Pancasila Dalam Pembangunan Bangsa

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Demikian dikatakannya saat menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Sabtu (1/6).

"Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa, warga masyarakat untuk pengarusutamaan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa," katanya.

Hal itu, lanjutnya, juga berkaitan dengan tema yang diangkat "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

"Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat," tuturnya.

Menurutnya, Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," harap Dhany.

Usai melakukan upacara bendera di kantor wali kota para pejabat eselon 3 melanjutkan rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional melalui virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Riau.