Wali Kota Hadiri Peluncuran Pilot Project Posyandu Enam Bidang Standar Pelayanan Minimal di RPTRA Melati 3 Serdang

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri peluncuran pilot project Posyandu Enam Bidang SPM. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri peluncuran pilot project Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan Enam Bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta melalui zoom, di RPTRA Melati 3, Jalan Kampung Irian II, RT 002/RW 006 Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Kamis (10/10). 

Enam SPM yang akan terlibat dalam posyandu yaitu, Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Ketentraman, Ketertiban Umum, Perlindungan Masyarakat, dan Sosial.

Dhany bersyukur dengan diterbitkan Permendagri Nomor 13 Tahun 2024 telah melakukan pengembangan peran Posyandu dan semula lebih banyak orientasi persoalan kesehatan menjadi enam standar pelayanan sebagai pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Artinya, ada enam urusan wajib terkait dengan pelayanan dasar yang harus dioptimalkan pencapaiannya. 

"Dengan adanya Enam Bidang SPM pengembangan posyandu layanan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi hak-hak masyarakat. Sehingga perlu adanya peningkatan aktivitas dari para kader, tim, dan pembina. Baik dari tingkat kelurahan, kecamatan sampai kota untuk mengoptimalkan peran Posyandu ini," katanya. 

"Setelah peluncuran ini maka semua Posyandu terutama yang berada dalam piloting ini harus semua bergerak sehingga menjadi role model bagi posyandu yang lainnya," imbuhnya. 

Nantinya, lanjut Dhany, akan ada evaluasi peran yang perlu disinkronkan dengan kebijakan lainnya dan setelah ini kemungkinan besar juga akan ada turunan-turunan berupa pengaturan di tingkat daerah yang perlu diadaptasi sekaligus juga untuk menyempurnakan aktivitas dan peran dari posyandu ke depannya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menambahkan, peluncuran Posyandu Enam Bidang SPM yang hari ini sudah dilaksanakan agar dapat berjalan dengan baik terutama posyandu di wilayah Kelurahan Serdang. 

"SKPD lain bisa mengintervensi tidak hanya dari kesehatan saja tetapi bagaimana lingkungannya, pendidikan, ketentraman, ketertiban, dan lain sebagainya," tutur Ucu. 

Ucu juga berharap, hal yang menyangkut pelayanan masyarakat bisa teratasi dengan adanya Posyandu Enam Bidang SPM.