Wali Kota Kukuhkan Paskibraka dari Cucu Pejuang Generasi Ketiga di Tuprok

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma sematkan PIN pada Paskibraka PKB-PPK. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengukuhkan dan menyematkan PIN kepada Paskibraka Persatuan Kelurga Besar Pelajar Pejuang Kemerdekaan (PKB-PPK), di Tugu Proklamasi (Tuprok), Menteng, Jumat (16/8) malam

Dhany menuturkan, kegiatan upacara kemerdekaan di Tugu Proklamasi yang besok akan dilaksanakan merupakan hal yang rutin dilaksanakan oleh Paskibraka PKB-PPK.

Tugu Proklamasi merupakan tempat bersejarah di mana kemerdekaan Indonesia diteguhkan oleh sang proklamator yaitu, Soekarno dan Hatta.

Acara ini, lanjut Dhany, merupakan rentetan kegiatan dari penegasan Tapak Tilas perjalanan sejarah dari para pejuang dengan tujuan, untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan kemerdekaan melalui pengukuhan para paskibraka yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih di Tugu Proklamasi.

“Tugu Proklamasi merupakan lokasi bersejarah buat Indonesia, nanti ke depannya kita akan coba liat formulasi yang tepat untuk bersinergi dalam rangka penyelenggaraan upacara berskala lebih besar di Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat, supaya nilai-nilai yang sudah dirajut akan terus berkembang,” ujarnya, didampingi Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah.

“Saya berpesan bagi para paskibraka yang besok akan bertugas untuk menjaga kesehatannya, semoga besok dapat menjalankan tugas dengan penuh disiplin dan tanggung jawab, sehingga memunculkan kebanggaan dan kebahagiaan,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia 
Baron Cesar Pierre Desmarets mengatakan, total jumlah anggota paskibraka yang akan bertugas besok yaitu, 26 orang yang berasal dari cucu-cucu pejuang dari generasi ketiga dan keempat.

Lanjut Baron, para anggota paskibraka ini telah melalui tahap latihan sebelumnya sejak bulan Mei lalu, latihan dilaksanakan di Tugu Proklamasi ini setiap hari Minggu dari pukul 09.00 pagi hingga 15.00 sore.

“Saya berharap acara besok dapat berjalan sukses, selain itu untuk ke depannya lebih banyak lagi dari cucu-cucu PKB-PPK yang dapat berkecimpung pada paskibraka ini, sehingga nilai sejarahnya tidak terputus, dan akan lestari terus,” tutupnya.