Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Arifin bersilaturahmi dengan warga Kelurahan Kemayoran. Foto: Zaki Ahmad Thohir
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar silaturahmi malam hari dengan masyarakat Kelurahan Kemayoran di SMK Tamansiswa 2, Selasa (16/9).
Seperti audiensi-audiensi yang telah dilakukan sebelumnya, tujuan dari silaturahmi malam hari ini yaitu untuk bersilaturahmi, berdialog, sekaligus menyerap aspirasi terkait pembangunan bersama masyarakat khususnya warga di Kelurahan Kemayoran.
Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Arifin mengatakan bahwa kehadirannya pada silaturahmi malam ini untuk belanja masalah serta mendengarkan apa yang menjadi permasalahan warga.
"Apa itu belanja masalah, kalau tidak datang kesini, saya tidak tahu apa masalahnya di Kemayoran walupun bapak ibu dalam menyelesaikan masalah-masalah pada pembangunan ada yang namanya musrenbang," kata Arifin.
"Dan sekarang ini ada pengaduan langsung di kantor kecamatan, kantor wali kota atau melalui digitalsiasi aplikasi namanya CRM (Customer Relationship Management), namun itu kurang cukup. Saya mau datang langsung dapat masukan, laporan, dan pengaduan dari warga," imbuhnya.
Sebagai pelayan masyarakat, lanjut Arifin, memang sudah tugasnya untuk melayani apa yang menjadi permasalahan masyarakat seluruh wilayah Jakarta Pusat. Dan seluruh jajaran pegawai ASN untuk ikhlas bekerja.
"Karena ini belanja masalah, tugas saya menerapkan 3M yaitu, Mendengar, Mencatat apa yang bapak ibu resahkan, dan Mencarikan solusinya," tutur Arifin.
Terakhir Arifin berpesan kepada warga Kemayoran agar dapat menjaga Jakarta, karena belajar dari kejadian unjuk rasa yang berakhir ricuh pada bulan agustus kemarin.
"Di negeri demokrasi ini memang dilindungi undang-undang dalam penyampaian pendapat, yang penting tidak merusak. Untuk warga Kemayoran tolong di jaga jangan sampai kampung kita dirusak, dijarah, dibakar oleh orang-orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab," tandasnya.