Jelang Musim Penghujan, Ini Langkah Preventif Pemkot Jakpus Antisipasi Genangan

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat telah menyiapkan berbagai langkah preventif dalam mengantisipasi genangan saat memasuki musim penghujan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan selalu siagakan seluruh pompa air yang berada di setiap underpass dan penempatan petugas pada titik-titik genangan untuk meyakinkan bahwa seluruh tali air dan mulut air bersih dari segala macam sumbatan yang dapat menimbulkan genangan.

"Di jangka yang lebih panjang dengan skala besar kita juga sudah menginventarisasi kebutuhan, sarana prasarana pada titik-titik penanganan banjir seperti misalnya pompa air yang sifatnya stasioner maupun mobile juga sudah disiapkan," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (10/9).

Di samping itu, lanjutnya, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga memastikan bahwa seluruh sumber daya bisa dikerahkan terutama dalam rangka pengerukan kali-kali dengan pendekatan gerebek lumpur.

"Alhamdulillah ternyata grebek lumpur cukup efektif dan mudah-mudahan saja bisa mengantisipasi curah hujan yang datang lebih besar," jelasnya.

Menurutnya, pembangunan sumur-sumur resapan, kolam olakan untuk ditempatkan pompa air, dan vertikal drenase yang sudah disiapkan seperti berada di Cempaka Putih juga telah disiapkan.

"Kita juga siapkan ada aset pemerintah daerah yang dibuat embung seperti yang ada di Sumur Batu, Kemayoran untuk mengantisipasi genangan air di Cempaka Putih," ungkapnya.

"Langkah preventif maupun pada saat kejadian sudah kita coba lakukan dengan mengedepankan tanggap darurat dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya genangan," pungkasnya.

Baca Juga: 

Embung di Cempaka Mas Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Wali Kota Jakpus Tinjau Gerebek Lumpur di Jalan Lautze Raya

Pemkot Jakpus Akan Buat Kolam Olakan di Tanah Abang