Wali Kota: Korban Kebakaran di Jalan Kali Pasir Sudah Tertangani dengan Baik

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Kali Pasir. Foto: Andreas pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Kali Pasir, RT 10 RW 01 Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, pada Jumat (17/13) malam.

Kedatangan wali kota, ingin memastikan bahwa korban terdampak akibat kebakaran dapat tertangani dengan baik, dari mulai logistik serta tempat pengungsian.

"Kita yakinkan bahwa tidak ada korban jiwa, kebutuhan logistik terpenuhi, tempat pengungsiannya respetatif, dan protokol kesehatan (prokes) terjaga. Setelah meninjau, warga terdampak kebakaran sudah tertangani dengan baik," katanya didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi, Camat Menteng, Lurah Cikini, dan jajaran terkait, Senin (20/12) di lokasi.

Baca Juga: 

Gulkarmat Jakpus Kerahkan 24 Unit Damkar Padamkan Kebakaran di Jalan Kali Pasir

Setelah melakukan pengecekan, wali kota juga akan melihat status kepemilikan tanah atau rumah korban terdampak kebakaran.

"Jika data status kepemilikan sudah lengkap, nanti kita akan buat langkah-langkah gotong royong. Pada pasca kebakaran kita melakukan pembersihan puing yang dilakukan PPSU, lalu akan dilakukan pemetaan di titik kejadian," jelasnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat juga berencana akan menggandeng kolaborator untuk ikut ambil dalam rangka penataan di area eks kebakaran yang berada di RT 10 RW 01, Kelurahan Cikini.

"Nanti akan kita pilah mana yang bisa dilakukan oleh Bazis Baznas, mana yang harus menggandeng kolaborator. Artinya pendekatan kolaborasi tetap akan kita lakukan bagi warga yang terdampak kebakaran agar bisa memiliki tempat tinggal kembali," tandasnya.

Pemberian Sembako dan Pembaharuan Administrasi Kependudukan

Selain meninjau lokasi Dhany Sukma juga memberikan bantuan sembako dari CSR dan pemberian pembaharuan KTP dan KK. 

Lurah Cikini Rizqon Hermawan menambahkan, tadi warga juga diberikan bantuan sembako dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

"Bantuan sebanyak 100 sembako tersebut kolaborasi antara Kelurahan Cikini dengan Bank BTN sebagai CSR," ungkapnya. 

Selain pemberian sembako, lanjut Rizqon, Kelurahan Cikini juga memperbaharui administrasi kependudukan warga yang telah terbakar. 

"Selain memberikan paket sembako Kelurahan Cikin juga memberian KK, KTP dan administrasi kependudukan bagi warga yang terdampak yang sudah disiapkan Dukcapil Kelurahan Cikini," jelasnya.