Dhany Sukma Buka Bazar Tingkat Kota dan Kecamatan se-Jakarta Pusat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau Bazar UKM Tingkat Kota dan Kecamatan, di halaman Blok D Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) menggelar Bazar UKM Tingkat Kota dan Kecamatan.

Bazar tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, di halaman Blok D Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (24/3).

Dhany menjelaskan, bazar ini merupakan program yang telah ditetapkan menjelang Bulan Suci Ramadan yang diinisiasi langsung oleh Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Di sini kita menyajikan berbagai produk UMKM yang merupakan hasil dari pengampu Jakpreneur di Jakarta Pusat. Hari ini juga kita sekaligus menyelenggarakan bazar di tingkat kecamatan," jelasnya.

Tujuan bazar ini, kata Dhany, untuk menumbuhkan dan mengembangkan produk-produk UMKM agar bisa bersaing dengan produk lainnya sekaligus memberikan akses seluas-luasnya bagi pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya.

"Harapannya produk dari Jakpreneur bisa diketahui orang banyak, kemudian bisa dirasakan dan juga bisa dikembangkan. Sehingga hasilnya tidak hanya untuk meningkatkan omset tetapi mengembangkan produknya supaya bisa dinikmati oleh khalayak luas. Agar UMKM kita bisa bersaing dan berkembang dengan pesat," ucapnya.

Menurutnya, produk-produk UMKM tersebut cukup bagus dan kemasannya pun berkualitas serta enak untuk dipandang. "Kalau kemasannya sudah bagus, tentu isinya juga lebih berkualitas, tidak percaya coba saja datang ke bazar yang digelar di Komplek Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat," ajaknya.

Sementara itu, Kasudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala menambahkan, bazar tingkat kota dan kecamatan se-Jakarta Pusat ini akan berlangsung selama dua hari tanggal 24 dan 25 Maret 2022.

"Peserta yang turut serta dalam bazar tingkat kota ini ada 38 binaan Jakpreneur dan pada tingkat kecamatan  masing-masing 30 orang Jakpreneur dengan berbagai macam produk yang dijual mulai dari, makanan, minuman, fashion, kerajinan serta sayuran hidroponik," jelasnya.

Dalam bazar kali ini, Sudin PPKUKM memberlakukan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Kali ini baru uji coba pembayaran melalui QRIS kalau yang lalu masih menggunakan cashles, kita mau tau peningkatannya seperti apa kalau menggunakan QRIS, mudah-mudahan terjadi peningkatan," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma berserta jajaran terkait juga menyempatkan diri untuk berkeliling melihat-lihat dan mencicipi serta memberikan testimoni produk-produk UMKM peserta bazar.