Embung Jalan Letjen Suprapto Ditargetkan Rampung Mei 2022

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menargetkan pembuatan embung di kawasan Jalan Letjen Suprapto rampung pada bulan Mei 2022 mendatang.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, pembuatan embung di Jalan Letjen Suprapto ini terdiri dari beberapa bagian yang terintegrasi dalam satu kawasan. Kawasan tersebut di antaranya, area Holand Village, UPT textile, dan di depan C.One Hotel.

Baca Juga: 

Wali Kota Jakpus Panen Ikan Nila di Embung Pangeran Jayakarta

Menurutnya, nanti di kawasan tersebut akan dibangun satu embung yang mengintegrasikan dua kawasan lainnya. “Tapi nanti kita lihat dulu konsepnya, yang pasti embung ini akan kita fungsikan dalam rangka penaggulangan dampak dari musim penghujan atau tingginya sungai, mengatasi banjir atau genangan di sekitar kawasan tersebut,” ungkapnya saat evaluasi genangang di Jalan Letjen Suprapto secara daring, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (21/1).

Dhany menerangkan, minggu depan pihaknya masih akan melakukan sinkronisasi sekaligus pematangan konsep dari pembangunan embung tersebut. Setelah itu, pihaknya baru akan membuat time schedule, lalu action plan, serta pelaksanaanya. “Target kita di bulan Mei ini sudah terealisasi,” jelasnya.

Dhany juga menjelaskan konsep yang akan dibangun nantinya embung ini akan memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air di samping itu akan juga ditambahkan taman, termasuk bioswale dan vertikal drainase. Sementara, terkait efektivitas dan daya tampung air di embung tersebut. Belum bisa dipastikan saat ini.

Baca Juga: 

Resmikan Taman Biotrans, Anies Baswedan Wujudkan Jakarta Kota Ramah Lingkungan 

“Kita lihat dulu konsep desainnya, kalau sekarang belum bisa kita pastikan. Itu dipertemuan berikutnya kita akan bahas berapa persen bisa mengatasi genangan dengan kasus mitigasi yang sama seperti kemarin,” tandasnya.